Pakai Dark Mode, Baterai Hemat 50% saat Akses YouTube

Telset.id, Jakarta – Tahun ini, Google menambahkan fitur Dark Mode di sejumlah aplikasi Android. Selain mengurangi ketidaknyamanan mata pengguna, fitur ini juga bisa membuat baterai lebih irit saat mengakses YouTube.

Alasan lain, model Android dengan panel AMOLED dapat menghemat lebih banyak daya baterai saat pengguna mengaktifkan Dark Mode.

Karena kemampuan itulah, maka Google pun mengimbau kepada para pengembang untuk mengaplikasikannya.

Pada ajang Android Dev Summit, Google menegaskan bahwa penambahan Dark Mode di aplikasi akan membawa dampak signifikan terhadap penghematan daya tahan baterai perangkat bersistem operasi Android.

Menurut Google, menggunakan Dark Mode, kecerahan layar 50 persen di YouTube akan mengonsumsi daya baterai 14 persen lebih sedikit ketimbang mode normal. Di kecerahan 100 persen, daya baterai lebih hemat 60 persen.

Untuk perangkat iOS, menggunakan mode gelap saat mengakses Google Maps via layar AMOLED iPhone 7 dengan konsumsi daya hingga 230 mA menghemat daya baterai sampai 63 persen sehingga cuma menjadi 92mA.

Tidak hanya menghemat konsumsi daya baterai, penggunaan mode gelap juga diklaim Google memungkinkan kontras layar menjadi lebih tajam. Pengguna jadi lebih nyaman membaca teks di layar berpanel AMOLED.

Lewat Dark Mode, Google coba membantu mengurangi potensi kelelahan mata pengguna karena layar terlalu terang. Google sekaligus membantu pengguna yang selama ini mengeluhkan daya baterai yang boros. [SN/HBS]

Sumber: 9to5Google

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0