telset
spot_img

One UI, Cara Samsung Maksimalkan Tampilan di Smartphone Besarnya

Telset.id, Jakarta – Diperkenalkannya One UI sebagai user experience (UX) terbaru bagi smartphone Samsung, menjadi salah satu bagian penting di acara Samsung Developer Confernce yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat pada Rabu (07/11/2018) waktu setempat.

One UI merupakan cara Samsung untuk mengubah sistem operasi Android-nya agar dapat sesuai dengan smartphone masa kini yang rata-rata memiliki layar berukuran besar.

Menurut Senior UX Designer Samsung, Jee Won Lee, One UI memiliki beberapa ubahan tampilan di dalamnya.

Seperti, sudut-sudut yang lebih membulat untuk menyesuaikan dengan layar Infinity Display Samsung, ornamen sistem yang lebih berwarna, dan ikon aplikasi yang didesain ulang.

Samsung juga mengubah area interaksi utama aplikasi atau pengaturan tertentu pada One UI menjadi di bagian bawah layar. Jadi, Samsung memisahkan antara area informasi aplikasi yang ditempatkan di bagian setengah atas layar, sementara area interaksi mencakup setengah bagian bawah layar.

Lee menyatakan, ubahan tersebut membuat jari pengguna lebih mudah menjangkau opsi pilihan ketika mengakses aplikasi atau pengaturan pada smartphone mereka.

“One UI membuat interaksi pengguna ke smartphone jauh lebih natural,” katanya.

Ubahan lainnya dari One UI adalah hadirnya Night Mode untuk keseluruhan sistem. Diungkapkan Lee, mode ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan mode serupa di Samsung Browser. Kemudian, Focus Blocks yang mengelompokkan hal-hal di pengaturan yang sama agar lebih mudah diakses  pengguna.

Yang membuat One UI justru menjadi lebih menarik adalah, dukungan terhadap smartphone lipat Samsung yang diperkenalkan di kesempatan yang sama. Bekerja sama dengan Google dan developer Android, One UI dirancang agar memiliki UI yang minimalis, dan mampu menampilkan konten yang relevan untuk smartphone lipat Samsung.

“Samsung dan Google telah bekerja sama. Sekarang, Android mendukung smartphone lipat form factor,” ucap Head of Android UX, Glen Murphy.

One UI tampaknya akan menjadi pengganti yang pas dari Samsung Experience di tahun depan. Lee mengatakan, One UI akan dirilis pertama kali untuk Samsung Galaxy S9 dan S9+, serta Samsung Galaxy Note 9 pada Januari tahun depan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0