Nokia Hilangkan Fitur Utama Body Cardio Scale, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – Nokia mengumumkan akan segera menonaktifkan fitur utama dalam perangkat  timbangan Body Cardio mereka pada pembaruan perangkat lunaknya. Update ini rencananya akan mulai digulirkan besok 24 Januari 2018.

Nokia Body Cardio Scale sebelumnya telah dipasarkan dengan fitur utama mengukur denyut nadi atau Pulse Wave Velocity (PVW). Fitur ini dapat  mengukur kecepatan aliran darah Anda, melalui pembuluh darah.

Semakin lamban dan konstan kecepatan aliran darah, itu artinya lebih baik pula kondisi kesehatan Anda. Begitu pula sebaliknya.

Meski begitu, pihak Nokia mengakui masih meninjau keputusan ini karena menyangkut regulasi dan persetujuan dari badan kesehatan.

Seperti perangkat timbangan cerdas pada umumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengkategorikan timbangan ini sebagai “perangkat kesehatan” biasa yang hanya memerlukan sedikit pengawasan.

Namun, dalam dua tahun terakhir ini, ada sesuatu yang terjadi, sehingga perusahaan akhirnya harus memutuskan untuk menarik barang dari pasaran dan menonaktifkan unit yang telah terbeli.

Para pengguna Nokia Body Cardio Scale juga mengutarakan bahwa mereka tidak dapat menolak update perangkat lunak pada timbangan yang telah mereka beli.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Nokia melakukan hal ini terhadap para pelanggannya. Musim panas lalu, Nokia juga memperbarui aplikasi kesehatan terbarunya, mendesain ulang tampilannya dan menghapus beberapa fitur didalamnya.

Atas segala perubahan tersebut, Nokia sempat mengajukan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Sebenarnya banyak orang yang akan membeli perangkat ini, terutama untuk mengukur tekanan darah atau tingkat hipertensi mereka, namun banyak juga yang akhirnya terlanjur kecewa atas kualitas produk ini.

Banyak yang bertanya, sebenarnya apa perbedaan antara timbangan Body Cardio dan timbangan Nokia Body+ selain harganya yang  jauh lebih murah sekitar Rp 900 ribu.

Jawaban pastinya ialah, pada versi yang lebih mahal, Anda dapat menggunakan baterai yang dapat diisi ulang, serta berbagai profil pengguna yang dapat diubah dan diatur sesuai karakter penggunanya.

Namun bila Anda mencari timbangan yang tidak memerlukan fitur-fitur canggih, timbangan versi Body+ rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. [WIN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here