Murdoch Minta Facebook dan Google Bayar Perusahaan Media

Telset.id, Jakarta – Rupert Murdoch, pemilik jaringan pemberitaan terbesar berlabel News Corporation, mengusulkan agar Facebook dan Google membayar perusahaan media. Hal itu sebagai bentuk timbal balik terkait keberadaan berita-berita yang berseliweran di laman Facebook serta Google.

“Kalau menginginkan informasi terpercaya muncul di feed, Facebook harus membayar sejumlah uang sesuai dana yang dikeluarkan oleh perusahaan media. Jika hal tersebut terpenuhi, saya yakin nilai dan integritas Facebook bakal naik,” tegas Murdoch, seperti dikutip dari The Verge, Selasa (23/1).

Selama ini, ia menyebut, perusahaan media merasa tidak dihargai meski telah secara sukarela menyerahkan berita-beritanya kepada Facebook. Padahal, imbuhnya, Facebook dan Google adalah dua raksasa yang mengendalikan mayoritas bisnis periklanan online.

Belum ada pernyataan resmi dari Google menyoal usulan Murdoch. Demikian pula dengan Facebook.

Sebelumnya, CEO Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook akan   memerangi berita clickbait  yang “menyampah” di feed. Selain itu, Facebook juga berjanji memperbaiki algoritmanya untuk menekan penyebaran berita-berita hoax. [SN/HBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here