telset

Mendongkrak Produktivitas Lewat Mode Split Screen di Oppo A92

Telset.id, Jakarta – Diantara sekian banyak fitur yang dibawa ColorOS 7 dari Oppo adalah Mode Split Screen, yakni sebuah fitur yang memungkinan pengguna membuka atau menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Katakan saja, membuka kalender sambil mengecek pekerjaan, membalas email sambil membuka media sosial, menonton YouTube sambil chatting, dan sebagainya.

Secara garis besar, dan mungkin bagi kebanyakan orang, fitur ini boleh jadi sangat menguntungkan. Paling tidak memudahkan, disamping membantu secara produktivitas. Bagi kami pribadi sebagai kuli tinta, adalah hal yang menyenangkan ketika bisa memiliki halaman web di atas dokumen berisi tulisan kami. Dengan begitu, kami tidak perlu beralih bolak-balik di antara tab saat mencari referensi.

Mode Split Screen sendiri sebenarnya bukan lagi “barang” baru di dunia smartphone. Di Android, ini bahkan sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Tepatnya datang bersamaan dengan kemunculan Android 7.0 Nougat. Kini, dengan semakin luasnya ukuran layar, pembuat smartphone pun semakin tak ragu untuk membekali perangkatnya dengan mode ini. Oppo salah satunya, lewat beberapa smartphone yang telah mengusung ColorOS 7, termasuk Oppo A92.

Meski begitu, tak ubahnya fakta bahwa belum tentu semua smartphone mendukung mode Split Screen, beberapa aplikasi juga ada yang tidak bekerja dengan mode ini. Biasanya, jika aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan mode layar terbagi maka mode yang dimaksud tidak akan muncul di layar. Aplikasi yang membutuhkan layar penuh untuk berfungsi, misalnya game, adalah satu diantaranya yang tidak menawarkan opsi ini. Pun demikian dengan Photos (galeri bawaan Oppo) pada Oppo A92.

Tapi, ketika Anda memiliki Oppo A92 di tangan, serta dua aplikasi yang ingin dijalankan dalam mode split screen, berikut ini beberapa langkahnya.

Pertama, tentu saja dengan lebih dulu mengaktifkan mode Split Screen di perangkat. Kita bisa melakukannya dengan masuk ke menu pengaturan (Setting), lalu cari opsi “Mode Split Screen” atau “Mode Pisah Layar Aplikasi” dan aktifkan.

{Baca juga: Review Oppo A92: Kameranya Apik, Tidak Ada NFC}

Setelah fitur yang dimaksud aktif, langkah berikutnya adalah membagi layar menjadi dua. Anda bisa melakukan ini dengan memilih opsi Recent apps di kiri bawah smartphone.

Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin di-split. Klik titik dua yang ada ketika membuka recent apps untuk memunculkan menu yang dimaksud.

Setelah menu yang dimaksud muncul, klik. Lalu cari aplikasi kedua yang ingin dimunculkan dalam satu layar.

Meskipun mode layar terbagi sangat berguna, ini jelas bukan sesuatu yang ingin kita gunakan sepanjang waktu, bukan? Ada saatnya dimana kita harus keluar dari mode ini. Untuk melakukan itu, Anda cukup pilih menu home, lalu tarik tray aplikasi split screen pertama ke atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0