MIUI 10 Diperkenalkan, Apa yang Baru?

Telset.id, Jakarta – Generasi terbaru dari sistem operasi milik Xiaomi, MIUI 10 resmi diperkenalkan. Sistem operasi berbasis Android 8.1 Oreo ini memiliki berbagai hal baru di dalamnya, yang pastinya lebih baik dibandingkan seri MIUI sebelumnya.

Dilansir dari GSMArena, hal pertama yang ditekankan Xiaomi pada MIUI 10 adalah User Interface (UI) yang lebih dioptimalkan untuk perangkat dengan desain layar memanjang beraspek rasio 18 : 9.

Seperti pada MIUI 9.5, pada sistem operasi tersebut terdapat juga fitur Navigation Gestures yang dapat menggantikan tombol navigasi virtual yang biasanya memotong layar bagian bawah dari smartphone 18 : 9.

Selain itu, bar notifikasi dan Recent App pada MIUI 10 juga telah mengalami beberapa perubahan, seperti efek gerakan yang lebih intuitif.

Perubahan ini lagi-lagi dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna yang miliki smartphone 18 : 9.

Baca Juga: Ini Smartphone Xiaomi yang Dapat MIUI 10

Selain perubahan visual, MIUI 10 juga membawa fitur baru yang mampu meningkatkan kinerja dari smartphone. Sebab pada MIUI 10, terdapat teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu terus menerus mempelajari kebiasaan penggunanya.

Sehingga nantinya sistem dapat mengantisipasi setiap tindakan penggunanya dengan benar dan cekatan. Misalnya saja seperti meminimalisir waktu ketika memuat aplikasi-aplikasi tertentu.

Bagi pengguna yang memiliki kendaraan, MIUI 10 telah memiliki mode khusus bagi pengemudi mobil. Lewat mode tersebut, smartphone dapat menampilkan navigasi perjalanan harian penggunanya dan mengoptimalkan tata letak navigasi tersebut pada layar smartphone.

Yang menarik, pengguna tak perlu mengoperasikan smartphone dengan jari. Karena untuk mengubah rute, membalas pesan hingga menjawab panggilan telepon, mereka hanya perlu memberikan perintah suara pada smartphone.

Xiaomi juga meningkatkan kualitas sistem di sektor kamera smartphone-nya. Sebab pada MIUI 10, kamera smartphone bakal didukung dengan teknologi berbasis AI yang disempurnakan untuk mengambil gambar efek bokeh dengan lebih baik.

Itu dapat terjadi karena aplikasi kamera nantinya dapat menganalisis kedalaman antara lingkungan dan juga subjek tanpa membutuhkan sensor kamera tambahan.

Hal baru lainnya yang terdapat pada MIUI 10 adalah adanya nada dering baru yang meniru suara alam. Penambahan nada dering ini dimaksudkan agar para pengguna dapat lebih rileks atau santai ketika mendapatkan notifikasi simultan yang kerap membuat pengguna merasa stress atau tertekan. (FHP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0