Mau Daftar Instagram? Siapkan Dulu Tanggal Lahir Kamu

Daftar Instagram

Telset.id, Jakarta – Ada persyaratan baru bagi para pengguna yang baru daftar Instagram. Mulai Rabu (04/12), media sosial besutan Facebook itu akan meminta tanggal lahir bagi semua pengguna. Untuk apa?

Jadi, kebijakan itu untuk menyaring pengguna yang pantas melihat iklan minuman beralkohol atau tidak.

Menurut Reuters, seperti dikutip Telset.id, Kamis (05/12/2019), kebijakan daftar Instagram itu juga sekaligus sebagai upaya Instagram untuk menawarkan langkah-langkah keamanan baru bagi pengguna yang lebih muda.

Saat ini, Instagram mewajibkan batas minimal usia pengguna adalah 13 tahun. Instagram mengatakan, pengiklan bukanlah faktor utama kenapa diterapkan kebijakan baru terkait permintaan tanggal lahir.

{Baca juga: Cara Share Lagu Favorit dari Spotify ke Instagram Stories}

Media sosial ini yakin, perubahan kebijakan dapat membantu mencegah pelanggaran keamanan data dan privasi anak. Mereka pun sangat ingin menghindari tudingan mengekspose anak-anak terhadap materi yang tidak pantas.

“Persyaratan tanggal lahir adalah langkah terbaru Instagram untuk menjauh dari prinsip lama seperti anonimitas. Kami juga ingin membatasi usia pengguna,” kata kepala produk Instagram, Vishal Shah, kepada Reuters.

{Baca juga: Main Instagram Boros Kuota? Begini Cara Menghematnya}

Ia melanjutkan, usia bisa menjadi dasar untuk pengaturan privasi yang disarankan. Usia bisa pula membantu pengguna agar tetap aman saat mengakses aplikasi. “Tanggal lahir Anda tidak akan terlihat,” imbuhnya.

Dalam beberapa minggu mendatang, Instagram akan memperkenalkan opsi bagi pengguna untuk memblokir pesan dari orang yang tidak di-follow. Tujuannya sama, yakni untuk menjaga kenyamanan para pengguna. (SN/FHP)

Sumber: Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here