Keyboard Gboard Dapat Tambahan 16 Bahasa Baru

Membuat Animasi GIF

Telset.id, Jakarta – Google menambahkan dukungan bahasa baru ke papan tombol alias keyboard Gboard untuk perangkat iOS dan Android. Dalam pembaruan ini, Gboard akan mendapat tambahan 16 bahasa baru.

Dilansir Engadget, bahasa baru yang bakal terdapat di Gboard adalah Arab, Buryat (Mongolia), Buryat (Rusia), Cornish, Gondi (Dewanagari), Greek (Siprus), serta Hakka, Hausa (Ghana).

Tak Cuma itu, Gboard juga punya tambahan bahasa Khorasani Turki, Lower Sorbian, Mandeali, Mundari (Bengali), Portuguese (Makau), Shekhawati, Siberian Tatar, dan Talysh (Rusia).

Baca juga: Cara Kirim GIF dan Cari Emoji dengan Gboard

Untuk menikmati Gboard berkemampuan 16 bahasa tambahan, pengguna harus melakukan pembaruan ke versi 7.14.19.206421213. Selain tambahan bahasa, Gboard juga bisa dipakai membuat GIF menggunakan fitur Make a GIF.

Beberapa waktu lalu, Google juga menguji fitur baru dan peningkatan kinerja Gboard. Gboard versi beta terbaru mencakup beberapa fitur yang kemungkinan besar dirilis ke semua pengguna via pembaruan.

Peningkatan paling signifikan adalah Battery Saver Mode atau mode penghemat baterai. Mode baru tersebut dihadirkan untuk menghemat baterai ponsel pengguna saat menggunakan papan tombol.

Pengguna cukup beralih ke tema gelap dan menonaktifkan beberapa fitur yang boros daya. Mode penghemat baterai bisa diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual.

Baca juga: Google Uji Mode Hemat Baterai di Aplikasi Gboard

Gboard juga punya mode peringatan saat ruang penyimpanan hampir atau telah habis. Google menyematkan pula tool OCR di Gboard sehingga pengguna tidak perlu menggunakan Google Lens saat ingin mengabadikan gambar ketika sedang mengetik. [BA/HBS]

Sumber: Engadget.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here