Keren! Google Bikin Teknologi untuk Hindari “Si Kepo”

Telset.id, Jakarta – Merasa sedang “dimata-matai” saat sedang menggunakan smartphone di fasilitas umum, rasanya memang tidak menyenangkan. Oleh sebab, Google pun merasa perlu adanya solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Baru-baru ini, para peneliti di Google tengah mengembangkan Artificial Intelligence (AI) yang mampu mengingatkan pengguna smartphone saat ada orang lain yang mengintip layar smartphone.

Teknologi bernama Electronic Screen Protector ini nantinya akan segera diperkenalkan dan dipamerkan pada ajang Neural Information Processiong Systems (NIPS) di California, Amerika Serikat oleh dua penemunya yakni Florian Schroff dan Hee Jung Ryu.

[Baca juga: Google Siapkan Smartphone YouTube Edition?]

Dilansir dari PhoneArena, teknologi ini sendiri memadukan AI dan kamera depan untuk memindai wajah orang yang bukan pemilik smartphone. Ketika AI mendeteksi wajah tersebut sedang menatap layar secara diam-diam, maka teknologi ini secara real-time akan memperingatkan pengguna bahwa privasi atau kenyamanan mereka telah dilanggar.

Sebagai gambaran, Ryu pun membagikan video demo dari teknologi Electronic Screen Protector ini. Terlihat pada video, ketika pengguna sedang menggunakan aplikasi Google Hangouts, teknologi kerap menghentikan aktivitas penggunanya tersebut ketika mendeteksi wajah orang lain yang sedang mengintip ke layar smartphone secara diam-diam.

Dijelaskan, teknologi ini sendiri bisa bekerja dengan sangat baik ketika kondisi cahaya mencukupi dan juga tergantung kualitas kamera depan dari smartphone itu sendiri. Namun meski begitu, teknologi ini diklaim lebih cepat dibandingkan teknologi pengenalan wajah, karena bisa mengenali tatapan orang lain hanya dalam waktu 2 milidetik saja, sedangkan teknologi pengenalan wajah pada umumnya perlu waktu 47 milidetik.

[Baca juga: Google Masih Bisa Lacak Lokasi Pengguna Tanpa GPS]

Tentu akan sangat berguna jika Google memutuskan untuk mengembangkan lebih lanjut teknologi tersebut di perangkat Android nantinya. Jika sudah hadir di smartphone, maka aktivitas kita pun aman dan nyaman karena terhindar dari orang kepo. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0