Jutaan Ponsel Terancam Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Kabar buruk bagi Anda pengguna WhatsApp. Aplikasi populer milik Facebook ini baru saja mengumumkan akan menghapus dukungan bagi ponsel yang menjalankan sistem operasi lawas, baik di Android, iOS, dan juga Symbian.

Dalam keterangannya, pihak WhatsApp mengatakan bahwa smartphone yang menjalankan sistem operasi iOS 7 tidak akan lagi dapat menggunakan Whatsapp mulai 1 Februari 2020.

Ini berarti, pengguna iPhone 4 atau seri sebelumnya harus mengganti ponselnya, karena merupakan ponsel tertua yang dapat menjalankan iOS 7.

WhatsApp juga akan ‘menghapus dukungan’ untuk perangkat yang menjalankan Android Gingerbread, yang artinya pembaruan versi perangkat lunak tidak lagi dapat diinstal pada perangkat tersebut.

Aplikasi milik Facebook ini secara diam-diam mengumumkan ponsel apa saja yang tidak dapat digunakan, setiap kali mengganti teknologi usang.

Baca juga: Kirim Foto dan Video di WhatsApp Sekarang Lebih Cepat

Jadi, mungkin sudah saatnya bagi para pengguna WhatsApp yang masih setia menggunakan ponsel jadul, untuk segera memperbaharui ponsel mereka. Jika masih ingin menggunakan WhatsApp.

Sebelumnya, pada 1 Januari 2018, aplikasi pesan instan ini menghapus dukungan untuk ponsel yang menjalankan OS BlackBerry, BlackBerry 10, atau Windows Phone 8.0, sehingga tidak akan lagi dapat memperbarui perangkat lunak WhatsApp mereka.

Berikut ini adalah sistem operasi yang sudah tidak kompatibel dengan WhatsApp:

  • Versi Android yang lebih lama dari 2.3.3
  • Windows Phone 8.0 dan yang lebih lama
  • iPhone 3GS / iOS 6
  • Nokia Symbian S60
  • BlackBerry OS dan BlackBerry 10

“Karena kami tidak akan lebih aktif mengembangkan sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja. Jika saat ini anda menggunakan sistem operasi yang lebih lama, sebaiknya tingkatkan ke versi yang lebih baru,” tulis WhatsApp dalam postingannya.

Whatsapp merekomendasikan pengguna untuk meng-upgrade ponsel, minimal Android OS 4.0, iOS 8 atau Windows Phone 8.1. Tahun lalu, WhatsApp menghentikan dukungannya untuk ponsel Nokia Symbian S60.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Bisa Video Call di Group

WhatsApp juga akan melakukan hal yang sama untuk handset Nokia S40 pada tanggal 31 Desember 2018, serta perangkat yang menjalankan Android 2.3.7 dan lebih lama setelah 1 Februari 2020. [BA/HBS]

Sumber: Metro.co.uk

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0