Jangan Pernah Buka Video di Facebook Messenger, Kenapa?

sorpampa

Telset.id, Jakarta – Ketika ada orang yang mengirimkan video kepada Anda lewat aplikasi Facebook Messenger, sebaiknya urungkan niat Anda untuk segera memutar video tersebut. Kenapa?

Ya, Anda sebaiknya kini lebih waspada jika membuka link video di Facebook Messenger. Pasalnya, bisa saja ketika Anda mengklik tautan video tersebut, virus atau malware yang berbahaya langsung menginfeksi gadget Anda.

Dilansir dari Metro, telah ditemukan malware bernama Sorpampa yang menyebar lewat Facebook Messenger. Malware tersebut dirancang untuk membajak komputer pengguna dengan menjadikannya sebagai alat untuk menambang mata uang digital Bitcoin atau mata uang cryptocurrency lainnya.

[Baca juga: Wi-Fi Starbucks Bajak Laptop untuk Tambang Bitcoin?]

Kehadiran malware Sorpampa sendiri ditandai dengan dikirimkannya tautan video berjudul “This video is yours”. Jika Anda menemukan tautan video tersebut hadir di Facebook Messenger, pastikan untuk tidak mengaksesnya.

Karena selain komputer akan berubah menjadi penambang Bitcoin, juga akan menjadi pusat penyebaran spam berisi tautan tersebut kepada pengguna Facebook Messenger lainnya.

Sorpampa sendiri hanya bisa beroperasi di browser Google Chrome saja yang berjalan di PC atau laptop. Kehadiran Sorpampa di Facebook Messenger seolah melengkapi masalah serupa yang dibuat oleh malware bernama Digimine yang juga menerapkan penyebaran dan penyerangan dengan cara yang sama.

[Baca: Disusupi Malware, Messenger Bisa Jadi Alat Tambang Bitcoin]

Malware ini akan mengelabui para korban mereka dengan menyamar sebagai file video, yang memiliki nama file video_xxxx.zip. Kemudian akan langsung menginfeksi perangkat korban saat mereka membuka file tersebut untuk pertama kalinya.

Setelah terbuka, Digimine secara otomatis akan mengunduh beberapa aplikasi yang digunakan untuk menambang Bitcoin. Well, sebaiknya Anda kini harus lebih waspada. (FHP/HBS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here