Apple Rilis iOS 14 dan iPadOS 14 Public Beta, Mau Coba?

iOS 14 iPadOS 14 Public Beta

Telset.id, Jakarta – Apple secara resmi merilis versi Public Beta pertama untuk iOS 14 dan iPadOS 14. Pengguna yang tertarik untuk menjalankan iOS 14 dan iPadOS 14 versi ini, bisa mendaftarkan perangkatnya melalui situs Apple Beta.

Ketika pengguna telah mendaftar, mereka akan langsung mendapatkan update iOS 14 maupun iPadOS 14 Public Beta via OTA.

Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat. Apple tidak menyarankan pengguna untuk menjalankannya pada perangkat harian mereka. Sebab, kemungkinan akan ada banyak bug yang bermunculan yang bisa jadi menyebabkan kerusakan.

{Baca Juga: Catat! Ini Daftar iPhone yang Dapat Update iOS 14}

Public beta biasanya memang dirilis sebagai OS uji coba, dan sangat disarankan hanya pengguna yang cukup paham dengan teknologi tersebut yang mencobanya. Pasalnya, pengguna diharapkan untuk memberikan feedback ketika mencoba iOS 14 atau iPadOS 14 Public Beta pada perangkat mereka.

Fitur-Fitur Baru di iOS 14

Salah satu perubahan besar yang dibawa iOS 14 dibandingkan iOS 13 dan semua versi iOS sebelumnya adalah penambahan tampilan App Library yang mengelompokkan beberapa aplikasi secara otomatis pada satu layar tunggal.

iOS 14 iPadOS 14 Public Beta

Pengalamannya mirip dengan beberapa folder pada satu layar beranda. Namun, ini lebih dari sekadar memiliki folder karena pengguna akan mendapatkan aplikasi yang diurutkan dalam kelompok – hanya sekali Anda mencapai akhir halaman layar beranda Anda.

Ada pula  “mode Jiggle” yang memungkinkan pengguna menyembunyikan halaman berbeda dari layar beranda dan memindahkannya ke tampilan Perpustakaan Aplikasi. Mode ini muncul setelah pengguna mengetuk titik-titik di bagian bawah salah satu halaman layar beranda dalam tampilan edit.

Secara keseluruhan, tampilan App Library terdengar mirip dengan laci aplikasi pada perangkat Android, meskipun dengan beberapa kecerdasan yang ditawarkan oleh Apple.

{Baca juga: Resmi Diperkenalkan, Berikut Ini 8 Fitur Baru iOS 14}

Selain App Library, iOS 14 menghadirkan Widget yang didesain ulang yang dapat ditempatkan di halaman layar beranda mana pun. Terdapat Galeri Widget yang dapat dibawa ke bagian atas layar dalam tampilan edit, dengan mengetuk tombol plus dari sisi kiri atas layar.

Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan ukuran widget untuk menyesuaikannya dengan ikon dan folder aplikasi yang ada. Apple juga telah menghadirkan fitur Smart Stack yang menunjukkan widget berbeda sepanjang hari.

Fitur-fitur Baru iPadOS 14

Apple sebelumnya telah mengumumkan bahwa sistem operasi iPad dengan iPhone. Kini perangkat iPad tidak akan lagi menggunakan iOS, melainkan menggunakan iPadOS. iPadOS 14 dirancang khusus untuk iPad, dan diklaim akan bekerja dengan lebih optimal berkat beragam fitur di dalamnya.

Ini membuat tampilannya menjadi lebih segar dan juga peningkatan pada beberapa fitur iPadOS 14 yang semakin memudahkan pengguna.

{Baca Juga: Diciptakan Khusus, iPadOS 14 Hadir dengan Beragam Fitur Baru}

Bagian widget telah didesain ulang dan ditambah fitur Smart Stack of Widget. Fitur pintar tersebut memungkinkan perangkat untuk memunculkan widget berdasarkan beberapa faktor, seperti waktu, lokasi, dan aktivitas pengguna.

Photoshop iPad

Pada update iPadOS 14 ini, Apple menghadirkan fitur pencarian terbaru yang disebut Universal Search. Fitur pencarian tersebut dapat digunakan untuk mencari aplikasi, menemukan kontak atau dokumen, atau bahkan melakukan pencarian dalam aplikasi yang mendukung fitur tersebut.

Pembaruan sistem operasi ini mendukung tulisan tangan dengan Apple Pencil yang jauh lebih baik. Hadir fitur bernama Sribble yang dapat mengubah tulisan tangan menjadi bentuk teks rapi.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Menariknya lagi, aplikasi seperti Apple Notes juga sudah dapat melakukan pencarian huruf berdasarkan dari tulisan tangan pengguna. Seolah-olah huruf tersebut telah diketik terlebih dahulu menggunakan perangkat iPad.

Selain itu, pengguna kini juga dapat mengatur email dan aplikasi browser yang akan digunakan sebagai aplikasi default. Sebelumnya pengguna hanya bisa menggunakan Mail sebagai aplikasi email, dan Safari sebagai browser default.

iOS 14 dan iPadOS 14 versi Final, Kapan?

Saat ini, kedua OS Apple tersebut masih dalam tahap beta. Setelah beta developer yang diumumkan pada pertengahan bulan Juni 2020, kini versi beta publik yang telah dirilis oleh Apple. Namun yang menjadi pertanyaan kapan versi final OS ini akan dirilis?

Apple memang belum menyebutkan secara gamblang kapan kedua OS baru ini akan dirilis dalam versi final. Namun Apple hanya menyebutkan kalau OS tersebut akan dirilis pada musim gugur mendatang.

Artinya versi final dari produk OS ini akan dirilis di sekitar bulan September mendatang. Kita nantikan saja kehadirannya, sob! (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here