APPS

iOS 13.5 Otomatis Berbagi Informasi Medis saat Darurat

Sigit Nugraha

Telset.id, Jakarta  – iOS 13.5 otomatis akan berbagi informasi medis selama keadaan darurat. Anda mungkin tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk memberikan informasi yang relevan kepada responden pertama. Ambil contoh alergi terhadap obat-obatan tertentu.

Melihat fenomena itu, Apple berupaya memberikan solusi. Menurut perusahaan, dengan pembaruan iOS 13.5, pengguna yang memanggil nomor 911 untuk keadaan darurat medis akan dapat berbagi informasi secara otomatis.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (7/5/2020), hal tersebut dilakukan dengan berbagi informasi yang disimpan di ID Medis atau Medical ID, fitur aplikasi kesehatan Apple yang memungkinkan pengguna menyimpan informasi relevan.

Informasi medis yang relevan meliputi kondisi alergi, obat yang Anda pakai, golongan darah, alergi makanan, dan seterusnya. Saat Anda menelepon ke 911, perangkat akan memanfaatkan sistem untuk membagikan informasi ID Medis.

Dengan kata lain, responden pertama dan dokter yang merawat Anda akan dapat mengetahui apa masalahnya dan bagaimana cara terbaik untuk mendekati situasi darurat seperti itu. Harapannya, kesehatan Anda pun bakal lebih terjamin.

Sebelumnya, Apple juga memiliki fitur ID Medis lain yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan informasi kesehatan di layar kunci smartphone. Informasi tersebut dapat diakses melalui ikon yang terdapat di perangkat.

{Baca juga: Pengguna iPhone Jadul Tunda Dulu Update iOS 13.4, Kenapa?}

Apple mengemukakan bahwa fitur itu bermanfaat untuk memberikan responden pertama kemampuan memeriksa riwayat kesehatan pengguna tanpa harus membuka kunci perangkat.  Tapi, belum tahu kapan iOS 13.5 akan rilis.

Sebelumnya dikabarkan pembaruan ke iOS 13.4 tidak dapat terhubung dengan perangkat melalui FaceTime. Bagaimana tanggapan Apple terkait keluhan yang disampaikan para Apple Fanboy?

“Kami telah menerima laporan tentang masalah tersebut. Kami ingin memastikan bahwa masalah itu bakal diselesaikan secepat mungkin. Kami berharap para pengguna bisa sedikit bersabar,” demikian pernyataan Apple.

Sejak beberapa hari lalu, orang-orang melakukan karantina di rumah dan jauh dari teman-teman maupun anggota keluarga gara-gara pandemi virus corona. Sebagian orang memanfaatkan FaceTime untuk komunikasi.

Karenanya, para pengguna sangat menggadang Apple segera memperbaiki persoalan FaceTime di pembaruan ke iOS 13.4. Bagi pengguna iPhone dan iPad jadul yang belum melakukan pembaruan, sebaiknya tunda dulu. (SN/HBS)

 

Leave a Comment