Google Uji Mode Hemat Baterai di Aplikasi Gboard

Telset.id, Jakarta – Google sedang menguji fitur baru dan peningkatan kinerja di aplikasi papan tombol Gboard. Fitur baru tersebut sekarang tersedia di kanal beta. Gboard versi beta terbaru mencakup beberapa fitur yang kemungkinan besar dirilis ke semua pengguna via pembaruan.

Peningkatan paling signifikan adalah Battery Saver Mode atau mode penghemat baterai. Mode baru tersebut dihadirkan untuk menghemat baterai ponsel pengguna saat menggunakan papan tombol. Pengguna hanya cukup beralih ke dark theme dan menonaktifkan beberapa fitur yang boros daya.

Menurut Phone Arena, Rabu (6/6), mode penghemat baterai bisa diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual. Selain mode penghematan baterai, fitur menarik lainnya yang ditambahkan ke Gboard adalah adanya peringatan saat ruang penyimpanan hampir atau telah habis.

Google juga menyematkan tool OCR dalam aplikasi Gboard sehingga pengguna tidak perlu menggunakan Google Lens saat membutuhkan ingin mengabadikan gambar ketika sedang mengetik. Terakhir, ada opsi untuk ratusan stiker favorit yang tersedia untuk pengguna Gboard.

Pada acara Google I/O 2018, beberapa waktu lalu, Google juga mengumumkan bahwa aplikasi Gboard akan mendapatkan fitur baru yang terbilang cukup unik. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetik menggunakan kode Morse.

Google juga menyebarkan pembaruan Beta bagi pengguna ponsel Android yang telah mendaftar sebagai Tester dari aplikasi Gboard. Pada pembaruan tersebut, terdapat fitur baru yang cukup menarik yang memungkinkan pengguna untuk dapat membuat animasi GIF sendiri.

Baca juga: Selain Pencarian, Google Search Juga Bisa Jadi Kamus

Dengan kemampuan itu, tentu saja pengguna ponsel seperti dimudahkan untuk membuat konten menarik yang dapat menghibur orang lain atau sebagai cara untuk menyampaikan pesan tertentu kepada pengguna perangkat lain. [SN/HBS]

Sumber: PhoneArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here