Google Siapkan Gestur Navigasi Baru di Android Q

Telset.id, Jakarta – Android 9 Pie menjadi medium Google untuk memperkenalkan gestur pada sistem operasi Android. Sejumlah pihak menilai performa gestur ini kurang baik jika dibandingkan dengan gestur pada iPhone model 2018 dan iPhone X. Oleh karena itu, Google akan menghadirkan gestur navigasi baru di Android Q. Seperti Apa?

Menggunakan gestur pada Android 9 Pie menyebabkan tombol back dapat ditampilkan atau disembunyikan. Hal ini memungkinkan tombol back untuk muncul saat pengguna inginkan.

Namun, sejumlah keluhan gestur ini umumnya terkait dengan tombol back dan gestur usap ke atas dari ikon menyerupai pil untuk membuka laci aplikasi.

Versi pra-rilis dari Android Q yang dilaporkan 9to5google mengungkap bahwa pada versi Android selanjutnya ini, tombol back berpotensi untuk dihapus dan digantikan dengan gestur yang mengharuskan pengguna mengusap ikon menyerupai pil ke arah kiri untuk kembali.

{Baca juga: Smartphone Android Q Bakal Secanggih iPhone XS?}

Perubahan lain akan memungkinkan pengguna pada aplikasi yang tengah diakses untuk mengusap ke arah kanan dari ikon menyerupai pil guna menampilkan aplikasi yang sebelumnya diakses.

Menggeser ikon menyerupai pil saat berada dalam launcher aplikasi akan memungkinkan pengguna untuk melakukan peninjauan pada seluruh aplikasi mereka.

Singkatnya, versi pra-rilis Android Q akan berbekal gestur ketuk ikon menyerupai pil untuk mengakses halaman Home.

Menekan ikon menyerupai pil dalam jangka waktu lama akan membawa pengguna ke tampilan aplikasi terkini atau multitasking. Sedangkan mengusap ke arah atas dari ikon menyerupai pil akan mengakses laci aplikasi.

Menggeser ikon menyerupai pil ke arah kanan akan menampilkan aplikasi yang baru-baru ini diakses, sedangkan mengusap ikon menyerupai pil ke arah kanan dengan cepat akan menampilkan aplikasi terakhir yang pengguna akses.

Baca juga: Android O akan Punya Asisten Baru “Copy Less”}

Sementara itu, menggeser ikon menyerupai pil ke arah kanan berfungsi sebagai tombol back. Namun, saat Google mengumumkan Android Q di ajang Google I/O pada tanggal 7-9 Mei 2019 mendatang, fungsi gestur ini berpeluang mengalami perubahan. [BA/HBS]

Sumber: 9to5google 

Previous articleIngin Warganya Nyaman, Negara Ini Blokir Situs Porno
Next articleSah! TCash Resmi Berganti Nama Jadi LinkAja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here