Google Segera Hilangkan Aplikasi ‘Tak Bermutu’

Telset.id, Jakarta – Ada perbedaan kualitas yang besar antara aplikasi yang ada di Google Play Store dan Apple App Store. Hal ini dikarenakan Apple secara ketat mengawasi aplikasi apa saja yang masuk ke App Store mereka.

Di sisi lain, aplikasi di platform Android lebih mudah karena sifat mereka yang ‘open source’. Akibatnya, banyak aplikasi ‘tak bermutu’ yang sering berhenti secara konstan yang membuat pengalaman menggunakan ponsel pintar Android sedikit mengganggu.

[Baca juga : Asyik! Cari Gambar di Google Bisa Dapat Resep Masakan]

Melihat permasalahan ini, Google akhirnya mengambil tindakan. Mengutip dari laman The Verge, Google dikabarkan akan segera melakukan pengecekan aplikasi dan mulai menghilangkan aplikasi bermasalah tersebut.

Perusahaan mesin pencari raksasa tersebut menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan rating terhadap sebuah program yang diberi nama Android Excellence. Dengan tambahan bantuan melalui survei, hasil yang didapatkan oleh program ini akan membantu menghilangkan program tak bermutu dari Play Store.

[Baca juga: Google Gunakan AI untuk Temukan Malware di Play Store]

Nantinya, seluruh aplikasi yang memiliki hasil kurasi yang baik akan muncul paling atas saat pengguna mencari aplikasi tertentu. Sebaliknya, jika hasil yang didapatkan jelek, maka aplikasi tersebut akan terletak di bagian paling bawah.

Selain untuk memberikan pengalaman yang baik bagi para penggunanya, Google juga melakukan hal ini untuk mendorong developer untuk menciptakan aplikasi yang berkualitas. Tentunya, ini akan membuat komunitas platform Android memiliki ruang lingkup yang baik. [NC/HBS]

SourceThe Verge

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -