Fitur Waze di Google Maps Hadir di 40 Negara, Indonesia Kebagian Gak?

French gendarme looks through a new binocular speed radar at a speed-trap on the Paris/Bordeaux motorway near Saint Jean d'Angely, southwestern France, on April 30, 2008. REUTERS/Regis Duvignau (FRANCE)

Telset.id, Jakarta – Setelah melakukan uji coba secara terbatas di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain, Google Maps meluncurkan peringatan batas kecepatan serta lokasi radar tetap di lebih dari 40 negara.

Fitur-fitur itu dipinjam dari Waze yang juga milik Google. Semua fitur tadi akan muncul di perangkat iOS dan Android.

Tanda batas kecepatan terletak di sudut bawah Maps, sedangkan perangkap radar dan foto radar muncul sebagai ikon di jalan virtual.

{Baca juga: Cara Hapus Informasi di Google kalau Pengguna Meninggal}

Menurut Engadget, dikutip Telset.id, Kamis (30/05/2019), fitur-fitur tersebut hadir di Australia, Brasil, AS, Kanada, Inggris, India, Meksiko, Rusia, Jepang, Andorra, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Ceko, serta Estonia.

Fitur-fitur serupa juga hadir di Finlandia, Yunani, Hongaria, Islandia, Israel, Italia, Yordania , Kuwait, Latvia, Lithuania, Malta, Maroko, Namibia, Belanda, Norwegia, Oman, Polandia, Portugal, Qatar, Rumania, serta Arab Saudi.

Demikian pula di Serbia, Slovakia, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Tunisia, dan Zimbabwe. Di Reddit, para pengguna di Prancis, Swiss, dan Jerman belum bisa melihat lokasi perangkap radar lantaran memang belum tersedia.

{Baca juga: 4 Tips Mudik agar Tetap Asyik dengan Smartphone}

Para pengguna iOS dan Android dapat mengambil manfaat dari fitur-fitur baru itu. Namun demikian, untuk sementara waktu, hanya pengguna perangkat Android yang bisa melaporkan radar foto tetap dan lokasi radar seluler.

Dalam menghadirkan fitur-fitur tersebut, Google meminjam dari Waze dan menggunakan sumber resmi serta umpan balik pengemudi.  Meski begitu, Waze memiliki serangkaian fitur yang lebih kaya ketimbang Google Maps. (SN/FHP)

Sumber: Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here