APPS

Deretan Fitur Baru Samsung One UI 4, Dari Tampilan hingga Privasi

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Samsung mengumumkan peluncuran resmi One UI 4. Hadir pertama kali pada seri Galaxy S21, termasuk Galaxy S21, Galaxy S21+ dan Galaxy S21 Ultra mulai 15 November 2021, seperti apa kira-kira fitur baru di One UI 4?

Diperkenalkanya One UI 4 sendiri, seperti diungkap Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics, Janghyun Yoon merupakan bagian dari komitmen perusahaan. Dimana Samsung ingin memberikan semua orang akses ke pengalaman mobile terbaik, sesegera mungkin.

Baca Juga: Daftar HP Samsung yang Dapat Update One UI 4

“One UI 4 memenuhi janji tersebut, melengkapi pengguna smartphone Galaxy dengan fitur kustomisasi dan privasi terbaru,” kata Yoon.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai Samsung One UI 4, berikut sejumlah fitur baru yang bisa diintip.

Style yang Bisa Dipersonalisasi

One UI 4 memungkinkan pengguna untuk menikmati pengalaman mobile yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan unik dan mengekspresikan kepribadian masing-masing.

Dengan berbagai macam Color Palettes terbaru untuk dipilih, pengguna dapat mengubah tampilan dan merasakan perubahannya mulai dari home screen hingga ikon, menu, tombol, dan background.

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 Lagi Dikembangkan

Ditambah lagi, widget dirancang ulang dan menawarkan kustomisasi yang lebih detail, mengekspresikan signature style pengguna di smartphone menjadi sangat mudah.

Widget yang sudah didesain ulang dan ditingkatkan menawarkan penyesuaian yang mendalam, mulai dari visibilitas hingga tampilan.

Ekspresikan diri dengan lebih banyak variasi fitur emoji, GIF, dan stiker yang tersedia langsung dari keyboard Anda.

Privasi yang Lebih Baik

Melalui One UI 4, Samsung menghadirkan fitur privasi dan keamanan terbaru, sehingga pengguna dapat memilih apa saja yang ingin dibagikan atau rahasiakan.

Pengguna Samsung dapat memonitor dan mengontrol pengaturan privasi menjadi lebih mudah, mulai dari memberikan peringatan hingga saat aplikasi mencoba mengakses kamera atau mikrofon.

Baca Juga: Samsung Knox Lindungi Smartphone dari Serangan Siber

Dashboard privasi baru dari semua pengaturan dan kontrol diletakkan ke satu tempat yang mudah dipantau. Contohnya, dari dashboard ini pengguna dapat langsung memblokir sementara akses kamera dan mikrofon ke semua aplikasi.

One UI 4 juga memanfaatkan perluasan pada opsi izin Android 12, memungkinkan pengguna untuk melihat riwayat hal-hal yang mereka izinkan dalam tujuh hari terakhir, bukan hanya 24 jam terakhir.

Koneksi Antar Ekosistem yang Lebih Luas

Samsung One UI 4 membantu pengguna memaksimalkan ekosistem luas yang mencakup rangkaian perangkat Samsung hingga aplikasi pihak ketiga.

Seperti misalnya kerjasama Samsung dengan Google, memungkinkan aplikasi seperti Google Duo, yang menyediakan panggilan video berkualitas tinggi dengan teman dan keluarga.

Baca Juga: Samsung Siapkan RAM LPDDR5X

Baik saat menggunakan Galaxy Fold, Galaxy Watch, maupun Galaxy Tab, pengguna akan mendapatkan tampilan dan nuansa yang senada di seluruh perangkat, dan akan dapat melakukan sinkronisasi perangkat dengan mulus.

Samsung One UI 4 tersedia di seri Galaxy S21 mulai 15 November dan akan segera tersedia di seri Galaxy S dan Note. Menyusul kemudian untuk beberapa seri Galaxy A, foldables dan tablet.

Selanjutnya pembaruan juga akan tersedia di Galaxy S20, S20+, S20 Ultra, S20 FE, Note20, Note20 Ultra, S10, S10e, S10+, S10 5G, Note10, Note 10+, Galaxy Fold, Z Fold3, Z Flip3, Galaxy A82 5G, A72, A52, A52 5G, A52s 5G, A42 5G, dan Galaxy Tab S7 dan Tab S7+. (HR/IF)

Leave a Comment