Waduh! Fitur Microsoft 365 Bisa Dipakai Mata-matai Karyawan

Telset.id, Jakarta  – Microsoft Office 365 banyak digunakan oleh perusahaan. Dalam update terbarunya menyertakan satu fitur yang memungkinkan perusahaan untuk memantau dan “memata-matai” setiap karyawan.

Memantau apa yang dilakukan para karyawan memiliki keuntungan dan kerugian tertentu. Jika menemukan produktivitas mereka tidak sesuai harapan, Anda bisa memperbaikinya.

Kerugiannya, para karyawan umumnya tidak suka dipantau karena melanggar privasi. Dan, ternyata, kalau perusahaan menggunakan Microsoft 365, gerak-gerik Anda selama ini mungkin telah secara rutin terpantau.

{Baca juga: Sekolah di Jerman Larang Pakai Microsoft Office 365, Kenapa?}

Menurut laporan The Guardian, seperti dikutip Telset dari Ubergizmo, Senin (30/11/2020), satu fitur yang ada Microsoft 365 adalah kemampuan perusahaan untuk memantau dan “memata-matai” setiap karyawan.

Fitur tersebut hadir dalam bentuk “skor produktivitas”. Manajemen dapat memantau untuk melihat seberapa “produktif” para karyawan. Peneliti Wolfie Christl mengklaim praktik itu termasuk kategori bermasalah. Kenapa?

Menurutnya, menilai karyawan berdasarkan metrik tidak bisa dipakai untuk menunjukkan kualitas pekerjaan yang sebenarnya. Misalnya, sebagian orang mungkin bekerja cepat dan memiliki lebih banyak waktu luang.

Dengan model kerja seperti itu, mereka jadi terlihat “tidak produktif”. Ada pula orang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengerjakan tugas karena ingin memastikan menghasilkan kualitas terbaik.

{Baca juga: Microsoft Office 365 Sudah Tersedia di Mac App Store}

Dua karakter di atas tidak bisa dihukum menggunakan sistem seperti tersebut. Tapi, fitur “mata-mata” ada di Microsoft 365 dan tidak selalu berarti perusahaan menggunakannya untuk memantau produktivitas karyawan.

Bagi Anda yang belum tahu, Microsoft Office 365 suite sudah tersedia di Mac App Store. Pada awalnya, Microsoft berencana untuk melakukannya pada akhir 2018, tapi ternyata rencana tersebut molor. Lantas apa kelebihannya?

Paket Microsoft Office 365 menyertakan Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, dan OneDrive. Namun, untuk menggunakan semua layanan tersebut, Anda harus berlangganan Office 365.

Aplikasi-aplikasi ini sama dengan aplikasi yang tersedia untuk pengguna Mac di situs Microsoft. Hanya saja, sekarang, mereka dapat ditemukan di Mac App Store. Keuntungan terbesar dari hal ini adalah aplikasi Office akan secara otomatis diperbarui via App Store. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here