APPS

Android 12 Bakal Sulap Smartphone Jadi Kunci Mobil

Helmi Reinaldi

Telset.id, Jakarta – Disela acara konferensi Google I/O 2021, raksasa internet tersebut mengumumkan bahwa Android 12 bakal memiliki sebuah fitur yang bisa mengubah smartphone menjadi sebuah kunci mobil.

Dari sejumlah fitur baru yang hadir di Android 12, salah satu fitur menarik adalah kemampuan untuk menyulap smartphone menjadi kunci mobil. Kabarnya fitur ini baru akan tersedia pada perangkat Google Pixel dan Samsung Galaxy.

Seperti dilansir GizChina, Kamis (20/5/2021), Google terbilang cukup lambat memberikan kemampuan fitur kunci mobil di smartphone Android. Padahal, iPhone juga telah memiliki fitur ini sudah hampir setahun.

{Baca Juga: Daftar HP yang Kebagian Android 12 Beta dan Cara Install}

Produsen mobil yang bekerjasama juga belum banyak. Google hanya menyebutkan bahwa baru BMW yang telah menjalin kolaborasi. Selain itu, BMW juga mengumumkan kerjasama dengan Samsung awal tahun ini.

Menurut laporan, BMW hanya menjanjikan dukungan untuk kunci mobil digital. Meski belum ada daftar model yang kompatibel.

Untuk menghadirkan fitur kunci mobil di smartphone, ada dua solusi yang bisa diterapkan. Pertama adalah dengan UWB (Ultra Wideband Technology) dan NFC (Near Field Communication). Selain bisa mengubah fungsi ponsel Android sebagai kunci mobil, fitur ini juga berguna untuk menemukan lokasi mobil.

Lebih Banyak Smartphone Android dengan Fitur Kunci Mobil

Android 12 Bikin Smartphone Jadi Kunci Mobil

Menurut spekulasi, ponsel Google Pixel generasi mendatang juga akan mendukung teknologi UWB. Pada saat yang sama, dengan pertimbangan kompatibilitas dengan perangkat berikutnya, baik ponsel Apple maupun Google memiliki chip NFC internal.

Artinya mereka juga bisa mendukung solusi NFC dalam mengubah smartphone menjadi kunci mobil.

{Baca Juga: Google Umumkan Wear OS 3, Dikembangkan Bareng Samsung}

BMW mungkin bukan satu-satunya pabrikan mobil yang tertarik dengan potensi UWB. Hyundai Motor dan Kia Motors juga merupakan anggota UWB Alliance.

Selain itu, Hyundai Motor juga merupakan anggota FiRa Alliance yang mengkhususkan diri dalam mempromosikan UWB. Begitu juga dengan Apple, Google, Samsung, LG, BMW, GM, Honda, Hyundai, dan Volkswagen yang merupakan anggota CCC (Car Connectivity Consortium).

Dengan solusi teknis yang akhirnya dipilih oleh pabrikan mobil, institusi dan pabrikan yang berpartisipasi dalam standar ini akan mengizinkan pengguna untuk menggunakan fungsi kunci mobil di smartphone dari berbagai merek.

Samsung menyebutkan hal ini pada konferensi Galaxy S21 awal tahun 2021. Google pun turut mengumumkan lebih banyak informasi tentang standar teknis yang akan diadopsi untuk fungsi kunci mobil ponsel akhir tahun ini.

{Baca Juga: 8 Fitur Baru Android 12, Mulai Personalisasi Hingga Privasi}

Apapun itu, dengan kemampuan Android 12 untuk mengubah smartphone menjadi kunci mobil jelas menambah daftar fitur menarik yang dihadirkan pada sistem operasi ini.

Meski demikian, belum diketahui kapan tepatnya fitur ini bisa dinikmati di Android 12. Kita tunggu saja kabar terbarunya. (HR/MF)

Leave a Comment
Helmi Reinaldi