Fitur Instagram Ini Bantu Penderita Gangguan Penglihatan

fitur Alternative Text

Telset.id, Jakarta РInstagram baru saja merilis pembaruan aplikasi, yang ditujukan bagi penderita gangguan penglihatan melalui fitur Alternative Text. Instagram menyatakan, pembaruan ini mempermudah pengguna untuk mengakses semua layanan yang ada di Instagram.

Fitur ini bernama Alternative Text, yang secara otomatis membacakan deskripsi foto kepada pengguna ketika mereka mengakses Feed, Profile, dan Explore.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, kemampuan Alternative Text tersebut didukung oleh teknologi pengenalan objek.

Sehingga pengguna bisa mendengar deskripsi foto ketika mengakses Instagram.

Pengguna yang lainnya juga dimungkinkan untuk menambahkan informasi tambahan pada Alternative Text, ketika mereka mengunggah foto. Nantinya, informasi yang ditambahkan akan dibacakan kepada pengguna yang mengalami gangguan penglihatan.

Sebelum Instagram, Facebook juga telah menggunakan teknologi pengenalan obyek untuk mendeskripsikan foto kepada pengguna dengan gangguan penglihatan, selama bertahun-tahun.

Beberapa waktu yang lalu, Instagram juga dikabarkan tengah mengembangkan desain tampilan Profile yang baru. Menurut rumor, Instagram akan mengubah fitur atau desain di bagian atas Profile, termasuk ikon.

Perubahan itu diharapkan menjadikan Instagram lebih mudah dan lebih sederhana saat digunakan. Meski demikian, foto dan video yang dibagikan masih akan hadir dengan tampilan yang sama.

Selain mengubah tampilannya, Instagram mengeluarkan kebijakan baru untuk memberantas akun palsu yang meresahkan. Instagram berupaya memberangus para follower palsu dengan menghapus komentar dan like yang mereka berikan.

Semua pengikut dan like palsu dari akun yang dibuat menggunakan layanan pihak ketiga dengan tujuan menarik perhatian pengguna lain akan dihapus oleh Instagram. Sebab, mereka telah melanggar peraturan yang berlaku. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here