Telset.id, Jakarta – YouTube mengumumkan fitur baru bernama Super Stickers dan Learning Playlists di gelaran VidCon. YouTube mengatakan, sekarang ada banyak cara bagi para kreator konten untuk meraup pendapatan dengan memanfaatkan kedua fitur baru tersebut.
Menurut YouTube, kehadiran fitur baru ini memungkinkan para kreator konten untuk lebih mudah terhubung dengan penggemar. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari fitur Super Stickers dan Learning Playlists?
Seperti dikutip Telset.id dari TechCrunch, Minggu (14/7/2019), Learning Playlists hadir untuk mempromosikan penggunaan YouTube dari segi edukasi, sedangkan Super Stickers melengkapi alat monetisasi Super Chat.
{Baca juga: Akhirnya, Ada Fitur untuk Kontrol Rekomendasi Video YouTube}
Sekadar informasi, Super Chat dirilis pada Januari 2017 dan memungkinkan penggemar membayar sejumlah uang untuk menampilkan pesan di bagian teratas selama premiere atau siaran langsung seorang Youtuber.
YouTube mengklaim, Super Chat sekarang merupakan saluran pendapatan nomor satu di hampir 20.000 kanal milik para kreator konten. Angka itu naik cukup signifikan dari tahun ke tahun dengan besaran 65 persen.
Berdasarkan catatan, tak kurang dari 90.000 saluran telah menggunakan Super Chat. Dan, dari jumlah tersebut, sebagian kreator konten mendapatkan pemasukan lebih dari USD 400 atau sekitar Rp 5,6 juta per menit.
Karenanya, YouTube segera menghadirkan Super Stickers pada beberapa bulan ke depan. Penggemar bisa membeli stiker animasi selama siaran langsung berlangsung untuk menunjukan dukungan kepada kreator.
{Baca juga: Keuntungan Memakai Internet Download Manager & Cara Install IDM 2019}
Kehadiran Super Stickers terinspirasi oleh Emotes dan Cheermotes di situs gaming Twitch Bits. Fungsinya menghadirkan stiker animasi ke percakapan sebagai cara untuk mendukung siaran langsung kreator video. [SN/HBS]
Sumber: Techcrunch