Home APPS 8 Fitur Baru Android 12, Mulai Personalisasi Hingga Privasi

8 Fitur Baru Android 12, Mulai Personalisasi Hingga Privasi

Android 12

Telset.id, Jakarta – Gelaran Google I/O 2021 dimanfaatkan oleh raksasa internet untuk memamerkan tampilan dan fitur dari Android 12 terbaru. Saat ini, sistem operasi Android 12 sudah tersedia dalam versi public beta dan belum tersedia resmi untuk semua pengguna Android.

Asal tahu saja, ini kali pertama sejak tahun 2014 Google melakukan perubahan pada tampilan UI Android terbaru. Google memberikan sentuhan yang bisa lebih dipersonalisasi oleh pengguna.

Tidak hanya dari segi tampilan, ragam fitur baru juga ditanamkan pada Android 12. Seperti kinerja yang lebih baik, fitur privasi baru, dan juga masa pakai baterai yang lebih lama.

{Baca Juga: Daftar HP yang Kebagian Android 12 Beta dan Cara Install}

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sejumlah fitur baru yang bisa ditemui di Android 12. Check this out!

  1. Desain Baru “Material You”

    Desain Material You

    Perubahan terbesar yang datang ke Android 12 adalah tampilan antarmuka yang baru. UI-nya didesain ulang dengan konsep “Material You”, yang menjadikan Android memiliki cita rasa sesuai dengan pemiliknya.

    Pada Android 12 beta tercermin, bagaimana pengguna bisa memilih palet warna sendiri dan juga widget yang didesain ulang. Misalnya, saat pengguna menggunakan wallpaper baru, maka secara otomatis sistem bisa menerapkan tema baru berdasarkan warna wallpaper tersebut.

    {Baca Juga: Google Umumkan Wear OS 3, Dikembangkan Bareng Samsung}

    Warna dari tema yang diterapkan akan terlihat di bayangan notifikasi, widget lock screen, aplikasi pihak pertama dari Google, dan bahkan aplikasi pihak ketiga jika pengembang ingin mendukung perubahan desain baru.

    Namun perlu dicatat, bahwa tema warna khusus yang baru akan eksklusif untuk perangkat Pixel. Belum diketahui apakah vendor smartphone lainnya juga akan menerapkan fitur ini.

  2. Desain Notification Tray Baru

    Notification Tray Baru

    Notification tray di Android 12 akan tampil berbeda. Ketika pengguna menarik jendela notifikasi, maka Anda akan melihat sudut yang membulat di bagian atas panel.

    Selain itu, icon Quick Settings juga dibuat lebih besar dan lebih berwarna. Meski perubahannya tergolong kecil, namun menunjukkan upaya dari Google untuk membawa desain antarmuka yang lebih segar pada pengguna Android.

  3. Privasi Baru

    Fitur Privasi Android 12

    Selain perombakan desain, fitur baru Android 12 yang lainnya berfokus pada privasi dan keamanan. Google menambahkan Privacy Dashboard terbaru, yang berguna sebagai hub untuk memberi info pada Anda data apa yang diakses dan aplikasi apa yang menggunakan izin.

    {Baca Juga: WhatsApp Sebut Google, Microsoft dkk Juga Langgar Privasi Pengguna}

    Seperti iOS 14, Android 12 memiliki indikator privasi bawaan yang akan memberi tahu pengguna jika aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera ponsel.

    Selain itu, Google telah menambahkan kemampuan untuk memblokir akses kamera dan/atau mikrofon untuk semua aplikasi. Fitur ini dapat dilihat saat pengguna mengakses tray notifikasi.

  4. Cara Baru Mengakses Google Assistant

    Google Assistant

    Perubahan lainnya adalah cara baru untuk memanggil Google Assistant. Kini pengguna tinggal menekan agak lama di tombol daya untuk bisa langsung memanggil Google Assistant.

    {Baca Juga: Google Assistant Paling Pintar, Alexa dan Siri “Kurang Terlatih”}

    Fitur serupa sebenarnya sudah diterapkan oleh beberapa vendor, seperti Oppo dan Realme. Pengguna tinggal menekan tombol power cukup lama untuk mengakses Google Assistant.

    Cara ini juga sangat mirip dengan bagaimana pengguna membangunkan Siri di perangkat iPhone.

  5. Animasi Dinamis

    Homescreen Android 12

    Pada Android 12, elemen UI seperti ikon dibuat lebih bulat dan lebih tebal. Selain itu, antarmukanya dibuat lebih dinamis dan responsif.

    Ini dimungkinkan karena Google telah mampu meningkatkan penggunaan CPU hingga 22 persen dalam beberapa scene penggunaan. Tentunya ini akan meningkatkan kinerja keseluruhan dari smartphone Android dan masa pakai baterai lebih baik.

  6. Tata Letak Lockscreen dan Jam yang Diperbarui

    Lockscreen Android 12 (Foto: The Verge)

    Sebagai bagian dari desain “Material You”, Google juga ikut memperbarui tampilan lockscreen pada Android 12. Tentu saja tampilan dan tata letaknya dibuat berbeda dari smartphone yang ada saat ini.

    Tanggal, cuaca, alarm dan notifikasi diletakkan di pojok kiri atas. Membuat tampilan keseluruhannya jadi terlihat lebih bersih. Sementara untuk jam berada di tengah dan berukuran cukup besar.

  7. Remote untuk Android TV

    Ilustrasi Smartphone untuk Remote Android TV

    Semua smartphone Android 12 akan bisa dioperasikan sebagai remote TV untuk seluruh perangkat Android TV. Ini juga menjadi salah satu fitur menarik di Android 12.

    Tentunya ini memungkinkan pengguna menggunakan mikrofon pada ponsel untuk memberikan perintah berbasis suara, atau mengetik menggunakan keyboard smartphone.

  8. One Hand Mode

    One Hand Mode di Android 12 (Foto: AndroidPolice)

    Menggunakan smartphone layar lebar bisa jadi jauh lebih sulit dengan satu tangan. Tapi jangan khawatir, Android 12 sekarang menghadirkan mode satu tangan baru.

    Untuk mengaktifkan fitur tersebut, buka Pengaturan > Sistem > Gesture > One Hand Mode, dan geser toggle ke posisi Aktif. Dengan mode ini, tampilan antarmuka akan ditarik ke bagian tengah bawah layar dan membuatnya lebih mudah diakses dengan satu tangan.

Demikian 8 fitur baru yang ada di Android 12. Dengan beragam fitur baru yang diumumkan, pastinya membuat kehadiran Android 12 makin dinantikan. Fitur mana yang menurut Anda paling menarik, sob? (HR/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version