Family Link, Pantau Aktivitas Anak di Dunia Maya

Telset.id, Jakarta – Anda termasuk salah satu dari banyak orangtua yang khawatir dengan aktivitas anak ‘zaman now’ di dunia maya? Cyberbullying, game online dengan kekerasan, dan masih banyak lagi. Tenang, menjawab kegelisahan itu, Google baru saja mengeluarkan aplikasi terbarunya untuk Anda, Family Link.

Aplikasi terbaru dari Google ini akan membantu Anda menyediakan lingkungan yang aman bagi anak-anak dalam berselancar di dunia maya. Caranya, Anda bisa membuat aturan dasar digital di perangkat Android yang digunakan anak.

Langkah pertama, buat akun Google yang nantinya akan dihubungkan dengan Family Link. Bagusnya, tidak ada batasan usia minimum seperti halnya saat ingin membuat akun Gmail—karena aplikasi Family Link memang didedikasikan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun.

Jadi, terserah pada Anda, kapan saat yang tepat untuk mengenalkan anak pada internet. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengelola aplikasi yang sering digunakan anak, memantau seberapa lama screen time dan jika sudah waktunya tidur, Anda bisa mengunci perangkat yang sedang mereka gunakan.

Tapi, diakui Google, Family Link tidak memiliki filter untuk konten-konten 17 tahun ke atas—tapi biasanya setiap aplikasi sudah memiliki alat penyaring-nya sendiri. Itulah karenanya mereka menyarankan untuk setiap orangtua mengatur sendiri filter pada setiap aplikasi yang digunakan anak-anak.

Lagipula, anak-anak tidak dapat memiliki lebih dari satu akun Google yang tertaut ke Family Link.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat Android Nougat 7.0, Marshmallow. Tapi, orangtua bisa menggunakan Family Link di perangkat iOS 9 dan yang lebih tinggi atau KitKat (4.4) ke atas. Jika tidak melalui aplikasi, Anda juga bisa mengakses melalui web browser.

Menurut Family Link, untuk mengantongi persetujuan yang terverifikasi dari para orangtua, aplikasi ini memerlukan biaya yang dikenakan pada kartu kredit, sebagai bukti persetujuan.

Selain Google. Facebook juga telah membawa Facebook Messenger for Kids, dengan fungsi serupa—memantau aktivitas anak-anak meski dari jarak jauh.

Sayangnya, untuk saat ini aplikasi Family Link baru hanya tersedia di negara-negara tertentu, seperti Australia, Irlandia, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Belum jelas apakah nantinya Google juga akan membawa Family Link secara global. Kita tunggu saja. [WW/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here