Dengan Family Center, Orang Tua Bisa Awasi Anak di Instagram

Telset.id, Jakarta – Anda sebagai orang tua ingin mengawasi perilaku buah hati saat mengakses Instagram? Tenang, ada fitur Family Center yang memungkinkan orang tua untuk memantau aktivitas anak di Instagram.

Family Center memungkinkan orang tua untuk mengetahui berapa banyak waktu yang dihabiskan seorang anak di aplikasi. Berikutnya orang tua dapat mengetahui jika akun anak mereka melaporkan akun tertentu.

Orang tua juga bisa mengawasi akun apa saja yang diikuti anak selama beberapa hari terakhir dan siapa yang telah mengikuti mereka.

Baca juga: Pengguna Instagram Bakal Bisa Pamer NFT

Nantinya informasi mengenai akun yang di-follow dan unfollow akan muncul di menu notifikasi agar orang tua bisa tahu.

Instagram Orang Tua Prilaku Anak
Tampilan fitur Family Center

Instagram tidak menjelaskan secara detail bagaimana cara menghubungkan akun orang tua agar bisa memantau akun anak mereka. Yang jelas fitur Family Center di Instagram hanya bisa berfungsi jika anak menyetujuinya.

Di tahap awal fitur Family Center telah tersedia di Amerika Serikat sejak Rabu (16/3/2022), dan secara bertahap akan diluncurkan ke pengguna global dalam beberapa bulan mendatang.

Baca juga: Fitur Moderator Hadir di Live Instagram

Selain itu Family Center rencananya bakal diboyong perangkat headset VR Quest dan berbagai produk milik Meta lainnya.

Bukan cuma memperluas layanan fitur, Instagram akan membangun lebih banyak kontrol, termasuk kontrol agar orang tua bisa membatasi penggunaan aplikasi pada jam-jam tertentu.

Instagram Dikritik Orang Tua 

Instagram Orang Tua Prilaku Anak

Perilisan Family Center tidak terlepas dari tekanan yang diberikan oleh Instagram. Pasalnya aplikasi mendapat kritik dari orang tua hingga anggota parlemen Amerika Serikat karena tidak serius dalam melindungi pengguna anak-anak.

Apalagi banyak yang menuding kalau Instagram memungkinkan anak-anak berusia di bawah 13 tahun untuk memiliki akun.

Selain itu ada laporan dari Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Instagram memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental remaja.

Baca juga: Instagram Hapus Boomerang dan Hyperlapse

Instagram pun menjawab tudingan tersebut dengan penggunaan teknologi AI dan Machine Learning untuk memastikan agar pengguna di bawah 13 tahun tidak bisa registrasi.

Sedangkan untuk remaja sendiri, Instagram sedang mengembangkan 3 fitur khusus untuk pengguna remaja. Semoga saja berbagai upaya yang dilakukan Instagram dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna anak serta remaja. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0