Facebook Siapkan Fitur Messenger Khusus Pelajar

Facebook menyiapkan fitur baru bernama High School Networks

Telset.id, Jakarta – Facebook sedang menyiapkan fitur baru bernama High School Networks. Fitur tersebut dirancang khusus untuk para pelajar.

Nantinya, fitur High School Networks menempel di aplikasi Messenger. Keberadaannya menjadi sarana pelajar untuk berkomunikasi.

Menurut The Next Web, fitur High School Networks bakal dilengkapi sistem pencarian sekolah, jaringan obrolan khusus, dan kemampuan mengundang teman sekelas.

Namun, sampai sekarang, Facebook belum memberikan keterangan resmi soal fitur baru itu, termasuk pengkategoriannya.

Analis menilai, fitur High School Networks bisa menjadi wadah efektif bagi pelajar dan guru untuk saling bertukar ide dan pikiran.

Sebelumya, pada 2017, Facebook pernah meluncurkan layanan serupa untuk anak-anak di 2017, bernama Messenger Kids. Aplikasi ini dirancang khusus anak-anak di bawah usia minimum 13 tahun, untuk membantu orangtua mengobrol secara aman dengan anak-anak mereka.

Akan tetapi, keberadaannya mendapat tentangan dari berbagai kalangan. Mereka menganggap Messenger for Kids melanggar perlindungan data anak. Advokat anak bahkan telah mengirim surat berisi desakan kepada Facebook untuk menghapus Messenger Kids.

Berita Terkait:  Advokat Anak Minta Facebook Tarik Messenger Kids

Surat tersebut ditandatangani oleh 19 organisasi dan puluhan aktivis peduli anak, ditujukan kepada CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

“Anak-anak di bawah usia 13 tahun terlalu muda untuk bergumul dengan interaksi online. Mereka belum paham terhadap arti penting privasi. Mereka terancam membagikan percakapan, gambar, atau video yang seharusnya tidak dipublikasikan,” tegas kelompok advokasi nirlaba yang berbasis di Boston. [BA/HBS]

 

Sumber: Thenextweb.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here