Facebook dan Instagram akan Labeli Iklan Politik

Facebook-an

Telset.id, Jakarta – Facebook meluncurkan arsip untuk labeli iklan politik Amerika Serikat (AS) yang muncul di platform. Langkah tersebut diambil setelah Facebook menduga ada campur tangan Rusia pada Pemilihan Presiden AS 2016 lalu.

Nantinya, tak cuma Facebook yang akan melabeli iklan yang berkaitan dengan pemilihan umum atau isu politik, tetapi juga Instagram. Jika label diklik, pengguna Facebook dan Instagram akan masuk ke arsip yang memberikan berbagai informasi.

“Ketika diklik, pengguna bisa mengakses informasi dana kampanye, berapa orang yang melihat iklan, serta data demografi seperti usia, lokasi, dan jenis kelamin,” papar Direktur Manajemen Produk Iklan Facebook, Rob Leathern, dilansir CNBC.

Menurut Direktur Manajemen Produk Iklan Facebook, Rob Leathern, inovasi tersebut juga akan digulirkan ke negara lain secara bertahap. Facebook ingin transparansi di iklan politik tak hanya berlaku di AS, tetapi juga Eropa, Asia, maupun Afrika.

Dalam waktu dekat, pengguna bakal pula semakin punya banyak opsi untuk menjaga keamanan ketika mengakses akun Facebook. Sebab, Facebook segera menghadirkan kebijakan otentifikasi dua faktor atau 2FA ketika akan login alias masuk ke akun.

Selama ini, pengguna yang ingin menerapkan otentifikasi dua faktor di akun Facebook harus menyertakan nomor ponsel saat akan login. Dengan pembaruan kebijakan, nantinya Facebook akan mengirim kode verifikasi ke ponsel pengguna agar bisa login ke akun setelah memasukkan kata sandi.

Baca juga: Facebook akan Tambahkan Kontrol Privasi 

Menurut Digit, pengguna bisa melakukan otentifikasi dua faktor dengan menggunakan layanan pihak ketiga seperti Duo Security dan Google Authenticator. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa memilih opsi Security and Login di bagian pengaturan. [SN/HBS]

Sumber: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here