telset
spot_img

Facebook Bikin “Ruang Perang” untuk Pantau Pemilu

Telset.id, Jakarta – Guna melindungi jutaan pengguna dari gangguan interferensi pihak asing, Facebook sedang membangun “ruang perang” atau bagian khusus dalam sistem Facebook untuk memantau pemilihan umum paruh waktu Amerika Serikat (AS) yang akan diadakan pada November 2018 mendatang.

Dilansir dari Engadget, Rabu (05/09/2018), Head of Civic Engagement Facebook, Samidh Chakrabarti, mengatakan bahwa perusahaan tengah fokus memperbaiki sistem keamanan setelah lebih dari 126 juta warga AS terpapar postingan meresahkan dari akun-akun Rusia pada Pilpres 2016 lalu.

Baca Juga: Google Hapus Iklan Penipuan di Pencarian

Menurut Chakrabarti, Facebook sedang memfokuskan upaya di empat bidang, yakni memerangi campur tangan asing, memblokir dan menghapus akun palsu, serta memperlambat penyebaran informasi hoax. Facebook juga meningkatkan transparansi iklan-iklan politik yang ada di platform.

Lewat upaya ini, Facebook telah mendeteksi, memblokir, atau menghapus lebih dari satu miliar akun palsu dalam kurun waktu enam bulan saja. Lebih lanjut Chakrabarti menjelaskan, Facebook telah merekrut 10.000 orang untuk masuk ke tim keamanannya di tahun ini.

Baca Juga: Facebook Hapus Akun Jenderal Militer Myanmar

“Ke depan, kami akan membuat siapa saja bisa melihat pihak yang berada di balik iklan politik di Facebook serta perusahaan atau organisasi mana yang membayarnya,” imbuh Chakrabarti.

“Jadi, saat menemukan masalah yang mungkin muncul di jam-jam menjelang pemilihan, kami bisa mengambil tindakan cepat dan tegas,” paparnya.

Baca Juga: Tak Takut Kehilangan Pengguna, Twitter Terus Berangus Akun Bot

Chakrabarti mengakui bahwa Facebook mesti belajar lebih banyak dari apa yang terjadi pada Pilpres 2016. Dengan adanya ruang perang Facebook, Ia yakin raksasa media sosial ini bakal bekerja lebih baik ke depannya karena telah dihuni oleh para pakar di bidangnya. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0