Emoji Gelas Plastik dan Sedotan akan Dihapus, Kenapa?

Telset.id,Jakarta – Sky Ocean Rescue membuat petisi dengan maksud untuk mengajak masyarakat lebih peduli dengan lautan. Petisi itu menuntut Unicode Consortium agar menghapus emoji gelas plastik dan juga sedotan.

Dilansir dari The Sun, petisi ini dibuat bertepatan dengan penelitian baru yang dilakukan Sky Ocean Resque. Dari hasil penelitian tersebut, terungkap bahwa dua pertiga masyarakat Inggris ternyata menyadari adanya botol plastik di sungai, danau ataupun di laun di sekitar lokasi mereka.

“Jika emoji ini tidak segera dilarang, kita mungkin harus menghapus ikan paus, ikan dan emoji margasatwa laut lainnya, ketika laut kita tenggelam akibat plastik,” kata Sky Ocean Resque dalam sebuah pernyataan.

Petisi yang dibuat di situs change.org itu sampai sekarang telah mendapatkan lebih dari 2.900 tanda tangan.

Jika petisi berhasil, emoji berwarna merah dan putih itu akan dihapus dari smartphone dan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Twitter.

Baca Juga: Apple Hadirkan Fitur Memoji, Seperti Apa?

Sekedar informasi, sekitar 8,5 miliar sedotan plastik telah dibuang setiap tahunnya dan berpotensi berkontribusi pada 150 juta ton limbah plastik yang mengotori lautan dunia.

Statistik yang mengkhawatirkan tersebut membuat Perdana Menteri Inggris, Theresa May mengeluarkan larangan membuang sejumlah barang rumah tangga seperti sedotan, kapas, pengaduk dan tisu basah, yang akan diberlakukan tahun depan.

Dengan adanya larangan tersebut, diharapkan tidak akan ada lagi penggunaan sedotan di kafe maupun restoran. Langkah ini sejalan dengan aturan dua tahun lalu yang mewajibkan masyarakat membayar sejumlah biaya untuk selembar kantong plastik untuk mengurangi penggunaan jumlah kantong plastik.

Baca Juga: Ikut-ikutan, Microsoft Ganti Emoji Pistol di Windows 10

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya sebuah emoji mendapat kecaman. Pada tahun 2016 misalnya, Apple dan Microsoft melarang emoji senapan yang akan diluncurkan untuk menandai Olimpiade Rio 2016 di Brazil.

Anggota Unicode menyetujuinya dan memilih untuk tidak meluncurkan emoji senjata, serta ikon serupa yakni seorang pria yang sedang menembakkan pistol. (BA/FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0