“Didemo” Warganet, Twitter Urung Hapus Akun Tidak Aktif

Akun tidak aktif Twitter

Telset.id, Jakarta Twitter akan menunda kebijakan hapus akun tidak aktif yang rencananya akan dilakukan pada bulan Desember ini. Alasannya, Twitter masih mencari skema yang cocok terkait nasib akun-akun yang pemiliknya telah meninggal dunia.

Menurut akun resmi @TwitterSupport, media sosial itu menjelaskan bahwa mereka telah menerima banyak pertanyaan dari warganet terkait nasib akun-akun yang pemiliknya telah meninggal dunia. Twitter pun merespon pertanyaan tersebut dengan menunda kebijakan hapus akun.

“Kami telah mendengar Anda tentang dampaknya pada akun orang yang meninggal. Ini merindukan kita. Kami tidak akan menghapus akun yang tidak aktif sampai kami membuat cara baru bagi orang untuk mengenang akun tersebut,” cuit @TwitterSupport.

{Baca juga: Twitter Larang Iklan Politik Mulai 22 November 2019}

 

Namun Twitter menjelaskan jika penundaan tidak berlaku untuk wilayah Eropa. Sebab, Twitter ingin patuh terhadap peraturan General Data Protection Regulation (GDPR) oleh Uni Eropa. Sehingga kebijakan hapus akun tidak aktif hanya terbatas di Eropa saja.

“Ini hanya berdampak pada UE saja, untuk saat ini. Kami selalu memiliki kebijakan akun yang tidak aktif tetapi kami belum menerapkannya secara konsisten. Kami mulai dengan UE sebagian karena peraturan privasi lokal (misalnya, GDPR),” cuit Twitter.

Terakhir Twitter mengucapkan minta maaf atas keriuhan akibat pengumuman terkait hapus akun kepada warganet. Mereka berencana akan berdiskusi secara terbuka untuk merancang kembali kebijakan penghapusan akun yang sudah lama tidak aktif.

“Kami dapat memperluas penegakan kebijakan tidak aktif kami di masa depan untuk mematuhi peraturan lain di seluruh dunia dan untuk memastikan integritas layanan. Kami akan berkomunikasi dengan Anda semua,” tutupnya.

{Baca juga: Pengumuman! Twitter akan Hapus Akun yang Tidak Aktif}

Sebelumnya  Twitter segera hapus akun yang tidak aktif. Nantinya pemilik akun Twitter yang tidak aktif akan diberikan pemberitahuan oleh Twitter untuk mengaktifkannya atau Twitter hapus akun pengguna secara bertahap menghapus akun-akun mereka. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here