iOS 11.3 Beta Bisa Pantau Kondisi “Kesehatan Baterai”

Telset.id, Jakarta – Apple akhirnya memberikan update terbatas iOS 11.3 Beta untuk pengembang yang terdaftar. Update ini untuk mengatasi masalah penurunan kinerja mesin iPhone karena baterai lithium-ion yang menua.

Seperti disampaikan oleh 9to5Mac, iOS 11.3 Beta memiliki sistem preferensi layar “Battery Health” baru dengan tambahan bagian “Performance Management”.

Di bagian “Peak Performance Capability” yang terdapat di sistem preferensi layar “Battery Health”, Anda bisa melihat kapasitas maksimum baterai iPhone.

Di sana, Anda juga bisa mengecek apakah sistem operasi beta iOS 11.3 benar-benar telah menerapkan pola “Performance Management” secara sempurna.

“Sebab, iPhone bisa saja tiba-tiba mati karena baterai tidak mampu memberikan daya maksimal untuk mendukung kinerja mesin,” demikian pernyataan Apple via surat tersebut, seperti dilansir dari Engadget, Rabu (7/2).

9to5Mac mencatat bahwa semua perangkat yang melakukan pembaruan ke iOS baru selalu akan mengalami penonaktifan sistem manajemen itu. iPhone Anda baru bisa menjalankan sistem manajemen tersebut jika mati secara tidak terduga.

[Baca juga: Apple Akui Turunkan Performa iPhone Lawas]

Dalam surat kepada senator, Apple mengatakan pula bahwa iPhone keluaran terbaru seperti seri iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X menggunakan sistem yang lebih canggih untuk mengelola kinerja baterai.

Fitur Battery Health memungkinkan pengguna memantau kondisi baterai iPhone. Untuk mengakses fitur ini, Anda harus masuk ke pengaturan baterai yang ada di dalam pengaturan iOS. Fitur ini bisa membaca kapasitas maksimal dari baterai iPhone kamu.

Selain itu, fitur ini juga bisa menjaga performa dan kinerja dari baterai iPhone. Jika baterai masih berada dalam kapasitas 100%, maka baterai masih dianggap bekerja dengan normal.

Saat baterai mulai berkurang kapasitasnya, maka fitur ini akan memberikan peringatan yang beragam. Jika masih dalam batas wajar, sekitar 80% atau lebih, maka kinerja iPhone masih belum terlalu diperlambat oleh sistem.

[Baca juga: Gara-gara iPhone Lemot, Apple ‘Ditegur’ Pemerintah China]

Tapi jika baterai iPhone kapasitasnya sudah berkurang cukup besar, maka kinerja iPhone akan diperlambat oleh sistem. Namun Anda sudah bisa mulai mematikan fitur manajeman baterai ini secara manual. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here