Chrome Akhirnya Bisa ‘Bungkam’ Suara Video Otomatis

Telset.id, Jakarta – Google resmi menggulirkan pembaharuan untuk browser Google Chrome versi 64. Dalam update ini, Google menyematkan beberapa kemampuan baru, salah satunya adalah fitur yang dapat membungkam suara video dari website.

Untuk menggunakan fitur ini pun sangat mudah. Para pengguna bisa membungkam sebuah situs dengan hanya mengklik  gembok hijau yang berada di sisi kiri address bar dari sebuah situs, dan pilih pengaturan situs.

Nah, sebuah laman pengaturan akan terbuka. Di laman ini. Anda hanya tinggal cari opsi Suara. Kemudian, Anda tinggal menonaktifkan fitur ini dengan memilih Blokir di sebelah kanan opsi tersebut.

[Baca juga:  Waspada! Dua Ekstensi Google Chrome Populer Terjangkit Malware]

Selain fitur ‘pembungkam suara’, pembaharuan Chrome 64 ini juga menambahkan sebuah fitur pencekal iklan. Fitur ini akan mencekal sebuah iklan untuk terbuka secara otomatis saat Anda baru membuka sebuah laman, atau mengklik di sembarang tempat di sebuah situs.

Fitur ini dihadirkan karena Google melihat banyak pengguna yang merasa jengkel dengan iklan-iklan yang terbuka secara otomatis yang mengganggu kenyamanan para pengguna internet. Lalu bagaimana jika pengguna ingin melihat iklan dicekal?

Anda tak perlu khawatir, karena jika pengguna benar-benar mengklik sebuah tautan yang ada di dalam web, maka tautan situs yang di klik oleh pengguna akan tetap bisa terbuka. Jadi, tautan iklan di Chrome hanyak dicekal untuk tidak terbuka secara otomatis, tapi tetap bisa dibuka jika sengaja diklik.

[Baca juga: Google akan Bersih-bersih ‘Iklan Mengganggu’ di Chrome]

Selain itu, para pemilik situs pun dapat mengecek apakah situs mereka terinfeksi sebuah malware yang membuat situs mereka akan mengarahkan pengunjung mereka ke sebuah laman lain atau tidak. Hal ini dapat dilakukan melalui laman Google Abusive Experiences Report.

Bagi Anda yang belum mendapatkan fitur baru ini, jangan khawatir. Karena Google akan melakukan pendistribusian update secara bertahap. Namun yang pasti, Anda diwajibkan memasang peramban Chrome 64 yang bisa di unduh di sini. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here