ChemStor, Aplikasi yang Bikin Pengguna jadi “Ahli Kimia”

Telset.id, Jakarta – Tidak butuh gelar sains atau menjadi ahli kimia untuk tahu cara mencampur bahan kimia tertentu. Sebab, para insinyur di University of California telah membuat aplikasi ChemStor yang bisa kasih tahu cara aman campur bahan kimia, seperti seorang ahli.

ChemStor mampu mengambil data 9.800 bahan kimia dari Badan Perlindungan Lingkungan. Menurut laporan Ubergizmo, semua bahan kimia telah diatur dalam kelompok reaktivitas.

Berdasarkan data itu, kemudian dibuat grafik interaksi kimia dalam berbagai warna untuk membedakannya. Cara tersebut akan memberi tahu pengguna jika bahan kimia tertentu dapat dicampur.

{Baca juga: Ada Tombol Panik di Tinder untuk Amankan Kencan “Si Jomblo”}

Bahkan, seperti dikutip Telset.id, Minggu (26/01/2020), cara seperti itu bisa memberi tahu pengguna bahwa bahan kimia tertentu bisa disimpan bersama secara aman tanpa menciptakan reaksi berbahaya.

Pusat Pengendalian Penyakit atau Centers for Disease Control memperkirakan bahwa setidaknya sudah ada 4.500 cedera dalam setahun yang disebabkan oleh pencampuran bahan kimia yang tidak kompatibel secara bersama-sama.

{Baca juga: Mau Hidup Sehat? Cobain 7 Aplikasi Olahraga untuk Android dan iOS}

Beberapa insiden tidak terjadi di laboratorium, tetapi di rumah dengan mencampurkan berbagai bahan kimia seperti pembersih kolam. Demikian pula di pabrik-pabrik, di mana bahan kimia tercampur dalam wadah limbah.

Namun demikian, sekadar informasi, aplikasi ChemStor saat ini masih merupakan program open-source. Kalau memang tertarik memakainya, Anda jangan ragu untuk memeriksanya di situs GitHub berikut ini. (SN/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0