Chanel YouTube Ini Tampilkan Cara AI Belajar Main Game

Telset.id, JakartaArtificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memang bukan sebuah barang baru. Berbagai metode pun dilakukan untuk mengajarkan sebuah AI, agar dapat menyelesaikan sebuah solusi, salah satunya dengan menggunakan game. Kok bisa ya?

Bagi Anda yang penasaran untuk melihat bagaimana cara AI bisa belajar melalui sebuah game, Anda bisa mengunjungi laman YouTube milik Einfach Nerdig. Hal ini dikarenakan dirinya kini sedang menyiarkan tayangan langsung bagaimana sebuah AI belajar menamatkan game ‘Super Mario Bros’.

AI yang diketahui bernama MarI/O ini merupakan ciptaan SethBling. Ini merupakan AI yang sama seperti yang digunakan oleh SetgBling untuk menyelesaikan game ‘Super Mario World’.

[Baca juga: Xiaomi Pastikan Mi 7 akan Didukung dengan Pengisian Nirkabel]

Namun bedanya, jika pada saat memainkan ‘Super Mario World’, pemegang rekor ‘Super Mario World’ speedruns ini menjejali MarI/O dengan gameplay miliknya. Anda bisa melihat videonya di bawah ini.

Seperti video yang ada di atas, SethBling menjelaskan bagaimana cara dia menciptakan sistem tersebut. Dalam video tersebut, Anda juga bisa melihat bagaimana jaringan syaraf dari AI tersebut mencoba untuk bergerak dengan tepat, seperti kami rangkum dari The Next Web.

Setelah 26 jam belajar, barulah MarI/O dapat menyelesaikan salah satu level dari game tersebut.

Nah, berbeda dengan video di atas, MarI/O di dalam game ‘Super Mario Bros.’ ini belajar dengan sendirinya. Video ini memang pada awalnya sedikit membosankan karena AI benar-benar melakukan tugas yang tidak baik.

Sang AI sering kali terjebak di sebuah objek dalam game tersebut, yang pada akhirnya harus di setel ke poin semula. Dari data ini, sang AI kemudian akan memprediksi apa yang harus dilakukan, seperti meloncat atau melakukan hal lainnya.

Namun, setelah beberapa jam menyaksikan tayangan tersebut, kami melihat ada kemajuan dari AI dalam melewati tantangan di sebuah level. Dan para akhirnya, MarI/O dapat menyelesaikan level pertama dari game ini.

[Baca juga: Asosiasi Software Bantah Definisi Kecanduan Game WHO]

Menurut alat penghitung yang ada di bagian kiri video, game ini nampaknya sudah berjalan lebih dari 17 hari tanpa berhenti. Namun menurut pantauan tim Telset.id, AI tersebut masih di level 1-2.

Sebagai informasi, SethBling mungkin bukan orang pertama yang menggunakan game Nintendo untuk melatih mesin. Namun, dia merupakan bagian dari gerakan baru yang membawa sesuatu yang membosankan, seperti algoritma pembelajaran mesin ke masyarakat dunia.

Dan dia melakukannya dengan cara yang menyenangkan, menarik, dan mudah diakses bahkan jika Anda tidak tahu apa itu ‘Deep Learning’ atau ‘neural network’. Untuk menyaksikannya, klik di sini. [NC/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here