CEO Google Bandingkan AI dengan Listrik dan Api

(telset.id | istimewa)

Telset.id, JakartaArtificial Intelligence (AI) kini merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan oleh hampir seluruh perusahaan teknologi. Selain itu, beberapa pemimpin teknologi juga menyebutkan bahwa AI merupakan sebuah teknologi masa depan yang dapat memudahkan kehidupan manusia.

Salah satunya adalah CEO Google Sundar Pichai. Dia merupakan salah satu pemimpin teknologi yang gencar mengembangkan AI. Bahkan baru-baru ini, dia membandingkan AI dengan elemen penting yang kini ada di sekitar manusia, seperti listrik dan api.

[Baca juga: Bos AI Facebook Sebut Robot Sophia ‘Lebay’]

“AI merupakan salah satu hal terpenting yang sedang dikerjakan oleh manusia. Ini mungkin lebih mendalam daripada listrik atau api,” ujar Pichai saat diwawancarai oleh Kara Swisher dari Recode dan Ari Melber dari MSNBC, seperti dikutip dari laman The Verge.

Dia membandingkan AI dengan kedua elemen tersebut dikarenakan AI memiliki sifat yang sama. Berbahaya, namun sangat membantu jika dapat dikendalikan dengan baik.

Pria berdarah India tersebut menambahkan bahwa menurutnya, beberapa masalah besar yang kini dihadapi umat manusia bisa diatasi melalui AI. Contohnya, AI dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah perubahan iklim, atau untuk menyembuhkan kanker.

[Baca juga: Elon Musk: Hanya 10 Persen AI yang “Baik”]

Namun, tidak semua pemimpin teknologi memiliki pandangan yang sama dengan Pichai. Salah satunya adalah CEO Tesla, Elon Musk. Musk dikenal sebagai salah satu pemimpin industri teknologi yang sering mengutarakan pikirannya terkait AI.

Dia menganggap, AI dapat menimbulkan masalah bagi umat manusia. Bahkan, dia telah meminta Pemerintah Amerika untuk membuat undang-undang yang mengatur perkembangan AI. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here