Bersih-bersih Hoax, Twitter Siapkan Fitur Baru

Agnez Mo Viral

Telset.id, Jakarta – Merebaknya kasus hoax atau berita palsu di internet membuat berbagai pihak, termasuk media sosial seperti Facebook mencari cara untuk memeranginya. Tak mau kalah, Twitter juga dikabarkan akan ikut memerangi berita hoax di platform mereka.

Media sosial yang dikepalai oleh Jack Dorsey ini disebutkan tengah mengujicoba satu fitur baru kepada para penggunanya untuk menandai suatu berita yang dianggap hoax yang muncul di timeline mereka.

Cara menggunakan fitur baru ini sama dengan fitur pelaporan cuitan spam atau makian yang sudah ada di sistem Twitter. Yang harus pengguna lakukan adalah melaporkan sebuah cuitan dengan menekan tombol report hoax.

Namun hingga saat ini, seperti dilaporkan The Guardian, pihak Twitter masih enggan memberikan komentar mengenai fitur barunya tersebut. Mereka masih belum memberikan kepastian apakah fitur ini akan diluncurkan sepenuhnya atau tidak.

Sekedar informasi, Facebook sendiri sudah meluncurkan fitur serupa sejak 2016 lalu. Namun dikarenakan banyak protes yang menyebutkan fitur ini malah memberatkan beberapa pihak, maka Facebook memutuskan untuk menggandeng organisasi pengecekan fakta independen Amerika untuk memastikan berita yang ada di laporan mereka. [NC/HBS]

SOURCEThe Guardian
Previous articleCara Nonaktifkan Aplikasi Bawaan pada Ponsel Samsung Tanpa Root
Next articleKeren, Pasangan Ini Rayakan Pernikahan di Dunia VR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here