telset

Banyak Akun Kena Suspend, Twitter Salahkan Bug

Telset.id, Jakarta – Belakangan ini banyak pengguna Twitter yang melaporkan bahwa akun mereka terkena suspend. Padahal, mereka merasa tidak melakukan sesuatu yang melanggar kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Twitter.

Aksi pencekalan ini banyak terjadi setelah media sosial berlogo burung biru tersebut mengubah kebijakan layanan di Twitter terkait ujaran kebencian. Kebijakan ini memang baru diluncurkan Twitter beberapa waktu lalu.

[Baca juga: Selain Twitter, Ini “Ladang Duit” Jack Dorsey]

Mengutip dari laman Engadget, saat ini dilaporkan sudah ada 21 akun yang mengeluhkan masalah tersebut. Para pengguna Twitter ini mengatakan bahwa akun mereka terkena suspend, padahal mereka tidak melakukan ujaran kebencian.

Yang lebih aneh lagi, 21 akun ini tidak terkena suspend dengan status ‘withheld: worldwide’. Ini artinya, akun mereka tidak bisa dilihat oleh semua pengguna Twitter di seluruh dunia.

Aturan suspend di Twitter memang ada dua kategori. Fitur suspend diberlakukan untuk negara tertentu saja, dimana pemblokiran ini diberikan karena dianggap melanggar undang-undang ekspresi di suatu negara. Sementara jika statusnya sudah ‘worldwide’, ini berarti cuitan dari akun tersebut tidak dapat dilihat siapapun di dunia.

Keanehan lainnya adalah, sebagian besar akun yang di-suspend ternyata pernah memberikan kritikan kepada J.K. Rowling, yang mempertahankan Johnny Depp di film terbarunya. Padahal Depp dituding telah melakukan tindakan penyerangan seksual dan kekerasan terhadap wanita.

Masalah ini sudah ditanggapi oleh pihak Twitter. Situs microblogging itu membantah semua tudingan yang diarahkan kepada mereka. Twitter malah menyalahkan bug sebagai biang kerok sehingga menyebabkan akun penggunanya kena suspend.

[Baca Juga : Duh! Peretas Ancam Sebar Foto Bugil Taylor Swift]

“Kami telah mengidentifikasi bug yang salah memengaruhi akun tertentu. Kami telah mengidentifikasi perbaikan, sedang berusaha menyelesaikan masalah ini, dan mengantisipasi hal itu akan segera teratasi segera,” ujar pihak Twitter.

Yah, untuk saat ini kita hanya bisa menunggu perkembangan selanjutnya. Jika benar dikarenakan bug, semoga bug tersebut bisa terselesaikan secepatnya. [NC/HBS]

SourceEngadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0