APPS

Ingkar Janji, Apple Tak Lagi Berikan Update Keamanan iOS 14

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Ketika meluncurkan sistem operasi iOS 15, Apple mengizinkan kepada pengguna yang ingin tetap menggunakan iOS 14 daripada melakukan update. Saat itu, Apple berjanji akan terus memberikan update keamanan untuk iOS 14.

Namun Apple justru mengingkari janjinya. Banyak pengguna iOS 14 menemukan bahwa pembaruan iOS 14.8.1 yang dirilis Apple pada Oktober tahun lalu tidak lagi tersedia.

Sebaliknya, ketika mereka mencari pembaruan, yang mereka temukan adalah iOS 15.2.1. Ini berarti bahwa perusahaan tidak lagi menghadirkan pembaruan pada sistem iOS 14. Jika ada masalah dengan sistem, satu-satunya perbaikan adalah melakukan upgrade ke iOS 15.

Baca Juga: Daftar Lengkap iPhone yang Kebagian iOS 15

Melihat feedback dari penggunanya, Apple memberikan tanggapan. Menurut perusahaan teknologi asal Cupertino tersebut, keputusan mereka untuk memberikan update keamanan pada iOS 14 hanya sementara.

Perusahaan mengklaim bahwa periode dukungan pada iOS 13 telah berakhir dan pengguna harus bergerak maju. Padahal, Apple tidak pernah menyebutkan bahwa opsi untuk tetap menggunakan iOS 14 hanya bersifat sementara.

Adopsi Update iOS 15 yang Lambat jadi Pemicu

Berhentinya pembaruan iOS 14 yang diberikan Apple tentu memiliki alasan tersendiri. Salah satunya adalah tingkat penggunaan iOS 15 baru yang tertinggal dari update iOS 13 atau iOS 14 dalam periode yang sama.

Baca Juga: 6 Fitur Canggih di iOS 15

Untuk mencapai target, perusahaan mengambil beberapa tindakan yang cukup tegas. Perusahaan sekarang “memaksa” pengguna iOS 14 untuk update sistem operasi perangkat mereka.

Minggu ini Apple merilis pembaruan untuk iOS 15. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini mereka tidak memberikan opsi untuk memungkinkan pengguna tetap berada di iOS 14.

Dengan menghapus opsi untuk tetap menggunakan iOS 14, tentu diharapkan dapat mendorong pengguna untuk beralih ke iOS 15.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Foto di iOS 15

iOS 15 menjanjikan peningkatan kinerja untuk iPhone. Selain itu, sistem operasi terbaru ini juga menyertakan sejumlah opsi kontrol privasi baru guna melindungi informasi dan privasi milik pengguna iPhone.

Apple menghadirkan beragam fitur anyar pada sistem operasi terbaru untuk iPhone dan juga iPad. Fitur-fitur ini disematkan pada aplikasi FaceTime, iMessages, Apple Maps, hingga Apple Wallet. (HR/MF)

Leave a Comment