Apple Paksa Pengembang Bikin Privacy Policy

Telset.id, Jakarta – Apple memaksa para pengembang untuk membuat privacy policy atau kebijakan privasi. Peraturan tersebut harus ada di aplikasi baru maupun aplikasi lama yang diperbarui.

Menurut Gizmodo, dikutip pada Minggu (2/9/2018), peraturan anyar Apple itu bakal mulai berlaku pada 3 Oktober 2018 mendatang. Apple meminta kepada para pengembang untuk bersiap-siap.

Nantinya, kebijakan privasi tak hanya wajib ada di aplikasi di Apple Store, tetapi juga di TestFlight. Sekadar informasi, TestFlight adalah aplikasi mobile tes layanan yang dimiliki oleh Apple.

“Melindungi keamanan pengguna adalah hal terpenting bagi ekosistem Apple. Para pengembang harus selalu berhati-hati dalam melindungi data pribadi seluruh pemakai,” ujar pihak Apple.

Baca juga: Apple Hapus 25.000 Aplikasi Ilegal di App Store China

Pihak Apple melanjutkan, regulasi tersebut dihadirkan untuk memastikan layanan keamanan terbaik. Apple juga ingin memberlakukan hukuman serta ada perjanjian lisensi dari para pengembang.

Dalam panduan, Apple juga menyatakan bahwa pengembang harus menjelaskan data apa saja yang diambil dan apa kegunaannya bagi kebijakan privasi. Jika ada keterlibatan pihak ketiga, pengembang terbuka.

Baca juga: Cetak Sejarah, Kini Apple Bernilai Rp 14 Ribu Triliun

“Para pengembang hanya boleh meminta akses data yang relevan untuk fungsi aplikasi. Mereka pun hanya bisa mengambil dan menggunakan data untuk menyelesaikan tugas,” tukas pihak Apple.

https://gizmodo.com/apple-is-making-all-apps-include-a-privacy-policy-1828745856

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here