Aplikasi Ini Ubah Wajah Kartun jadi Sosok Realistis

Telset.id, Jakarta – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang tertanam di aplikasi Face Depixelizer bisa mengubah wajah karakter game, kartun, atau gambar yang dikaburkan jadi foto potret yang realistis. Inovasi tersebut hadir berkat pengembang asal Rusia, Denis Malimonov.

Dalam film, terutama bergenre fiksi ilmiah dan kejahatan, wajah tersangka biasanya cenderung dikaburkan. Namun, melalui keajaiban perangkat lunak, pengaburan wajah dapat diungkap menjadi foto realistis.

Malimonov telah menciptakan perangkat lunak berbasis AI Face Depixelizer. Ia memanfaatkan kekuatan AI terhadap foto pixelated beresolusi rendah dan mengubahnya menjadi foto realistis.

{Baca juga: AI Bisa Ungkap Teknik Melukis Seniman Terkenal}

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Sesala (23/06/2020), Malimonov menggunakan StyleGAN. Perangkat lunak akan berusaha mencari foto lain untuk kemudian menghasilkan wajah pixelated sama.

Aplikasi Face Depixelizer

Satu hal yang menjadi catatan, tidak berarti bahwa menjalankan foto pixelated melalui perangkat lunak itu bisa secara ajaib akan meleburkan foto dan mengungkapkan orang yang sebenarnya dalam foto tersebut.

{Baca juga: Ezviz C6N: Kamera Keamanan Pintar dengan Fitur Smart Tracking}

Perangkat lunak hanya akan menghasilkan foto alternatif. AI menemukan foto dengan tampilan dan belokan yang mirip. Dengan kata lain, gambar pixelated akan menjadi sebuah foto beresolusi tinggi dan realistis.

AI itu bisa dipakai di video game. Malimonov berujar, alat tersebut tidak akan mengembalikan wajah asli, tetapi membantu mengidentifikasi fitur wajah. Kalau penasaran, silakan coba aplikasi Face Depixelizer dari Github. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here