APPS

Ada Malware Joker, 8 Aplikasi Android Ini Wajib Dihapus

Naufal Mamduh

Telset.id, Jakarta – Aplikasi yang ada di Google Play Store rupanya tidak sepenuhnya aman dari malware. Peneliti dari Quick Heal Security Labs telah mendeteksi 8 aplikasi Android yang telah disusupi malware Joker yang berbahaya.

Dikutip Telset dari The Star, Minggu (1/8/2021), Joker merupakan malware yang sering menyerang perangkat Android. Malware ini terus mengubah kode, metode eksekusi, dan teknik pengambilan muatannya, agar bisa menyelinap ke Google Play Store.

Joker sangat berbahaya karena mampu mencuri data pengguna, seperti SMS, data daftar kontak, informasi perangkat, kode OTP, dan lain sebagainya.

{Baca juga: Terungkap! Ratusan Juta Pengguna iOS Terpengaruh Malware XcodeGhost}

Untungnya, Google telah menghapus 8 aplikasi Android yang disusupi Joker dari Play Store. Namun masalah belum selesai sampai di sini. Kemungkinan besar, masih ada pengguna yang kadung memasang aplikasi di ponsel mereka.

Oleh karena itu, bagi Anda pengguna HP Android berikut daftar 8 aplikasi yang telah disusupi malware Joker. Jika salah satu aplikasi ini ada di ponsel Anda, maka Anda harus menghapusnya segera.

  1. Auxiliary Message
  2. Fast Magic SMS
  3. Free CamScanner
  4. Super Message
  5. Element Scanner
  6. Go Messages
  7. Travel Wallpapers
  8. Super SMS.

Cara Hapus Aplikasi 10Malware Joker di HP Android

ilustrasi malware Joker

Cara untuk uninstall aplikasi di ponsel Android sangat mudah. Setidaknya ada 2 cara singkat yang bisa Anda terapkan untuk menghapus aplikasi Android yang telah disusupi malware Joker.

{Baca juga: 17 Aplikasi Ini Terinfeksi Malware Joker, Segera Uninstall dari HP Anda}

  • Buka aplikasi Google Play Store dan tulis nama aplikasi yang ingin dihapus.
  • Setelah itu silakan klik menu Uninstall untuk menghapus aplikasi dari HP.
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya muncul informasi bahwa aplikasi berhasil dihapus.
  • Cara lainnya, silakan buka smartphone Anda.
  • Tekan agak lama ikon aplikasi yang ingin dihapus, sampai muncul opsi X yang berada di bawah layar.
  • Tarik ikon aplikasi ke opsi X dan pilih Uninstall untuk menghapus aplikasi.

Tips Pilih Aplikasi yang Aman dari Malware

Adanya 8 aplikasi Android yang disusupi malware Joker, menjadi pelajaran untuk Anda supaya lebih teliti dalam memilih aplikasi sebelum diunduh. Supaya Anda tidak menjadi korban, berikut ini tips memilih aplikasi yang aman di Play Store.

{Baca juga: Cara Menghilangkan Malware di HP Android, Paling Ampuh!}

  • Periksa perangkat aplikasi dan ulasan sebelum mengunduh. Jika Anda melihat banyak keluhan di ulasan, maka jangan mengunduh aplikasi tersebut.
  • Kedua, periksa rating aplikasi. Walaupun aplikasi tersebut memiliki ulasan yang positif, namun jika rating-nya rendah disarankan untuk tidak mengunduhnya di ponsel Anda. Ada kemungkinan jika ulasan tersebut palsu atau sengaja dibuat oleh pengembang.

(NM/MF)

Leave a Comment