Android P Tak Bisa Lagi Pantau Aktivitas Jaringan

Pixel kelas menengah

Telset.id, Jakarta – Seiring pembaruan yang dilakukan, aplikasi Android bakal tidak lagi bisa mendeteksi aplikasi lain yang sedang dihubungkan ke jaringan internet. Android ingin mencegah adanya masalah privasi pengguna saat nanti merilis Android P.

Menurut ZDNet, Google mencoba mengambil langkah antisipatif secara lebih cepat dan lebih siap ketika nanti Android generasi terbaru buatannya benar-benar mulai bisa digunakan oleh konsumen di seluruh dunia.

Selama ini, banyak aplikasi Google yang memantau aktivitas jaringan tanpa izin para pengguna. Aplikasi-aplikasi itu mengintai aplikasi kompetitor. Google pun tidak pernah menjelaskannya dalam ketentuan penggunaan.

Tak ingin mengalami kasus serupa yang dialami Facebook, Google menerapkan kebijakan berbeda dalam pemrograman aplikasi Android P untuk pengembang. Pemrograman tersebut kini sedang dalam pengujian.

Sayang, beberapa pihak meragukan tingkat keamanan Android P. Sebab, belum ada batasan terhadap aplikasi pemantau ketika pengguna mengakses server dari aplikasi bank atau instansi serupa lain.

Beberapa waktu lalu, Google juga melakukan penyempurnaan sistem operasi Android P sebelum benar-benar rilis ke publik. Dalam versi pratinjau, tampak Android P memiliki beberapa fitur inovatif.

Baca juga: Android P Versi Final akan Rilis Agustus?

Menurut XDA, fitur Android terbaru nanti memungkinkan pengguna mengontrol volume perangkat audio via Bluetooth yang tersambung secara praktis ke ponsel. Saat pengguna berganti perangkat Bluetooth untuk mendengarkan musik, volume akan otomatis disetel di pengaturan terakhir. [BA/IF]

Sumber: ZDNet

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here