Telset.id, Jakarta – Amazon sepertinya akan mengikuti jejak Facebook dan Instagram, yang berusaha membuat fitur mirip dengan TikTok. Pasalnya beredar kabar kalau Amazon sedang menguji coba agar tampilan feed Amazon mirip seperti TikTok.
Dikutip Telset dari Gadget 360 NDTV pada Kamis (18/8/2022), perusahaan kecerdasan buatan asal Israel, Watchful Technologies telah menganalisis aplikasi Amazon khususnya mengenai pengembangan fitur di aplikasi belanja online tersebut.
Lalu menurut hasil analisa dari Watchful Technologies, Amazon diduga sedang menguji coba fitur baru bernama Inspire.
Fitur Inspire itu memungkinkan pembeli untuk menggulir foto dan video produk ke atas atau ke bawah, yang diposting oleh pengguna lain. Jadi tampilan Feed Amazon akan seperti TikTok dimana pengguna harus menggeser secara vertikal layar HP.
Lebih lanjut, menurut peneliti Watchful Technologies, Daniel Buchuk fitur Inspire kemungkinan dapat mendorong penjual untuk banyak memposting video promosi. Sebab video dinilai lebih menarik minat pelanggan, apalagi kalau formatnya video vertikal seperti di TikTok.
BACA JUGA:
- Buku Bajakan Marak di Amazon, Pelanggan dan Penulis Ngamuk
- Amazon Ajak Influencer Nginap di Spa Super Mewah, Diajarin Surfing
Selain dari Watchful Technologies, Wall Street Jurnal juga memperoleh informasi dari sumber anonim terkait fitur Inspire. Bedanya sumber anonim dari Wall Street Journal menuturkan kalau perusahaan sedang menguji fitur ke beberapa karyawan Amazon.
Juru bicara Amazon, Alyssa Bronikowski menolak berkomentar kala ditanya apakah perusahaan akan merilis fitur Inspire kepada semua pelanggannya.
Bronikowski hanya menuturkan kalau perusahaan terus-menerus menguji fitur-fitur baru untuk membantu membuat hidup pelanggan sedikit lebih mudah. Namun, apabila nantinya fitur Inspire benar-benar dirilis, maka Amazon akan mengikuti jejak Google dan Meta.
BACA JUGA:
- Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
- TikTok Bikin Layanan Streaming Musik, Mau Saingi Spotify?
- Semua Video di Instagram Bakal Masuk di Reels, Makin Mirip TikTok
Pasalnya Google telah menghadirkan YouTube Shorts yang bentuknya mirip seperti video pendek TikTok. Begitu juga dengan Meta yang telah meluncurkan fitur Reels di Instagram dan Facebook yang secara desain fiturnya mirip dengan TikTok. [NM/HBS]