Akun Centang Biru Bisa Jajal Pesan Terenkripsi Twitter

Telset.id, JakartaTwitter kini telah menghadirkan fitur baru untuk akun yang sudah terverifikasi, fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan yang terenkripsi ke pengguna lainnya.

Fitur pesan terenkripsi memang telah lama dijanjikan sejak dulu oleh media sosial milik Elon Musk ini. Namun, peluncuran awal ini memiliki batasan karena tidak semua pengguna bisa merasakannya.

Perlu dicatat, fitur pesan terenkripsi saat ini hanya tersedia untuk pengguna yang telah mengantongi verifikasi resmi dari perusahaan, termasuk pelanggan Twitter Blue serta akun organisasi yang terverifikasi.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Engadget, di sisi lain masih belum jelas apakah ini hanya untuk peluncuran awal atau fitur enkripsi pesan ini adalah fitur eksklusif untuk para pengguna dengan centang biru, dan saat ini untuk menggunakan fitur pun kedua pengguna harus memiliki verifikasi.

Selain itu, ada juga batasan lainnya seperti fitur tidak mendukung pesan grup atau media apa pun selain tautan. Perusahaan juga tidak mengizinkan pengguna untuk melaporkan pesan terenkripsi secara langsung, melainkan harus melalui halaman bantuan.

Pesan Terenkripsi Twitter Pengguna Terverifikasi

Sementara itu, tingkat enkripsi yang diberikan juga terlihat kurang aman dibandingkan media sosial lainnya. Ini karena metadata pesan tidak dienkripsi. Twitter menyebutkan tidak melindungi pesan dari serangan siber man-in-the-middle dan menunjukan bahwa perusahaan masih bisa mengakses tanpa izin pengguna.

Fitur ini secara jelas bertolak belakang dengan pernyataan Elon Musk ketika mengungkapkan keinginannya untuk menambahkan enkripsi untuk pesan langsung di Twitter. Dia mengatakan ingin perusahaan tidak bisa mengakses pesan terenkripsi milik pengguna dan bahkan dalam kondisi terdesak.

BACA JUGA:

Dalam sebuah Tweet, insinyur keamanan Twitter Christopher Stanley pun mengakui kekurangan tersebut dengan mengatakan bahwa perusahaan belum mencapai standar dan berusaha untuk terus meningkatkan fitur ini.

Bagi akun yang sudah terverifikasi, pesan terenkripsi dapat diakses melalui menu info dalam pesan langsung tertentu. Setelah enkripsi diaktifkan, pesan akan muncul sebagai utas pesan terpisah dengan label di bagian atasny sebagai penanda. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI