Akhirnya Instagram Tanamkan Fitur “Anti Hate Speech”

Postingan Instagram Pertama

Telset.id, Jakarta – Saat ini masyarakat sedang “dipusingkan” dengan banyaknya hate speech atau ujaran kebencian yang terus bermunculan di berbagai media sosial, salah satunya Instagram. Layanan berbagi foto ini pun coba mengatasi masalah tersebut dengan menghadirkan fitur baru bernama ‘Hide Offensive Comment’.

Kehadiran komentar negatif itu memang membuat resah para pengguna Instagram karena mampu menjadi pemicu bagi pengguna lainnya yang gampang terpancing emosi, juga membuat pengguna Instagram tak lagi nyaman menggunakan media sosial milik Facebook tersebut.

Untungnya, Instagram telah meluncurkan fitur baru yang mampu menumpas hate speech atau komentar offensive. Fitur ini dilengkapi machine learning yang dapat secara otomatis akan memblokir komentar yang bernada kasar atau meyinggung salah satu pihak.

Fitur bernama Hide Offensive Comments ini sudah tersedia di Android dan iOS. Untuk mengaktifkannya, penggunanya hanya harus masuk ke bagian SettingsComments dan aktifkan toggle Hide Offensive Comments.

Namun sayangnya, fitur ini baru berlaku untuk 9 bahasa saja yakni Inggris, Spanyol, Portugis, Arab, Perancis, Jerman, Rusia, Jepang dan Cina. Masih belum ada informasi mengenai penambahan filter untuk bahasa lainnya, termasuk Indonesia. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here