IDC : Pengapalan PC Turun 4,9% Tahun Ini

Microsoft2JAKARTA – International Data Corporation (IDC) mengestimasi pengapalan PC global akan turun 4,9% tahun ini, dibanding penurunan tahun lalu sebesar 3,3%. Menurunnya jumlah permintaan untuk desktop dan PC portabel ini disebabkan oleh menguatnya dolar AS serta hadirnya produk baru yang mengancam penjualan PC.

Seperti dikutip dari BloombergBusiness, Sabtu (14/3/2015), IDC berpendapat melemahnya permintaan PC disebabkan oleh meningkatnya penggunaan perangkat mobile. Selain itu, penggunaan perangkat mobile di negara berkembang juga sangat pesat.

Menurut IDC, penjual komputer membeli lebih banyak stok produk dari yang harus mereka antisipasi pada kuartal terakhir di 2014. Hal ini dilakukan untuk memperbanyak stok produk sebelum Microsoft Corp mulai mengurangi subsidi produknya pada awal 2015. Selain itu, menguatnya dolar AS juga membuat ekspor PC melemah.

Di saat yang sama, Intel Corp, menurunkan target penjualan di 2015 akibat turunnya permintaan dan melambatnya perekonomian, terutama di Eropa. Menurut IDC, penjualan PC tidak akan naik sebelum Microsoft dan Intel mengeluarkan produk baru di 2015. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI