Pengguna Masih Gaptek, Telkomsel Bikin ‘CARITAU’

Telkomsel CARITAU
Suasana acara peluncuran mobile site CARITAU (tsel/telsetNews)

JAKARTA – Meski menggunakan smartphone, tapi belum tentu seorang pengguna tahu mengoperasikannya dengan benar. Tidak sedikit pengguna smartphone yang gaptek (gagap teknologi), sehingga ponsel pintarnya hanya digunakan untuk bertelepon dan SMS saja.

Masalah ini dipandang sebagai “kerugian” bagi operator seluler yang menggelar layanan Data (mobile Internet). Seharusnya operator bisa mendulang keuntungan dari layanan Data, tapi karena pelanggannya masih banyak yang gaptek, keuntungan tak dapat mereka kantongi.

Telkomsel sebagai operator dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia juga mengalami masalah tersebut. Saat ini dari 143 juta pelanggan Telkomsel, baru sekitar 40 juta yang menggunakan smartphone. Dari jumlah tersebut, 25% diantaranya atau sekitar 10 juta belum mengaktifkan paket Data alias smartphone-nya cuma untuk telepon dan SMS.

“Kalau dilihat, masih banyak yang gaptek sih, karena banyak yang belum mengaktifkan paket Data,”kata ?Vice President Prepaid & Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani ?di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Sementara jika dilihat dari sistem operasi yang digunakan, masih didominasi Android. Yakni dari 40 juta pengguna smartphone yang memakai jaringan Telkomsel, 60% diantaranya adalah pengguna Android. Sementara pengguna BlackBerry sekitar 30%, iPhone 3% – 4% atau sekitar 1,5 juta pengguna.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Telkomsel terus mencoba untuk mengedukasi penggunanya. Salah satu cara yang dicoba adalah dengan meluncurkan mobile site ‘CARITAU’.

Layanan baru Telkomsel ini berisi edukasi lengkap tentang smartphone, agar mereka mendapatkan informasi yang tepat dan lengkap untuk menggunakan smartphone. Sehingga para pengguna tak lagi gaptek, mengoperasikan smartphone, khususnya memanfaatkan layanan Internet.

“CARITAU ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan yang baru mengadopsi smartphone, terutama dari sisi pengoperasian. Video tutorial yang sifatnya step-by-step telah kami siapkan di mobile site ini,” ujar Ririn.

Mobile site CARITAU hadir dengan mekanisme push link, sehingga pelanggan akan segera mendapatkan link dari mobile site (www.telkomsel.com/caritau) saat pertama kali menyalakan smartphone barunya.

Mobile site ini dapat diakses secara gratis serta dilengkapi dengan berbagai tutorial mengenai fungsi smartphone, fitur dan berbagai aktivitas terkait Internet. Seperti misalnya cara browsing, membuat email, mengunduh aplikasi, membeli paket internet, dll.

Untuk memuluskan rencananya, Telkomsel juga menggandeng sejumlah vendor smartphone Android, untuk bergabung dalam program edukasi pelanggan ini.

Beberapa diantaranya, Samsung, HTC, LG, Advan, TiPhone, Mito, Evercoss, dll, bahkan? Google juga diajak dalam program ini. Semua vendor tersebut sebelumnya juga sudah bergabung dalam program Telkomsel Android United atau TAU. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI