Rahasia Operator Seluler yang Harus Anda Tahu!

Penyadapan ponselJAKARTA – Baru-baru ini operator seluler AT&T mengejutkan banyak orang dengan menambah opsi baru ke layanan internet fiber mereka GigaPower. Perusahaan ini menambah layanan privasi dengan harga tambahan USD 29 per bulan. AT&T menjanjikan mereka tidak akan menjual hasil pencarian dan browsing ke pengiklan.

Walaupun masih banyak yang meragukan keamanan informasi bahkan setelah Anda membayar USD 29 per bulan, setidaknya AT&T jujur mengenai operasional keuangannya. Tapi yang menjadi masalah adalah, kebanyakan perusahaan operator seluler lebih senang untuk menjual informasi penggunanya ke pengiklan dan menyediakan Anda sebagai target iklan di jaringannya.

Nah bagaimana caranya agar Anda tidak terus “dimata-matai” para operator seluler yang ingin mendapatkan informasi Anda sebagai target iklan dijaringannya? Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan mereka (operator).

Jika Anda pengguna iPhone, cari Settings, lalu tap Privacy. Selanjutnya scroll ke bawah ke Advertising. Anda akan melihat tombol yang mengatakan “Limit and Tracking”. Geser tombol untuk membuatnya hijau. Hal ini akan menyetop perusahaan iklan melacak aktifitas Anda di ponsel, yang ingin menjadikan Anda sebagai target iklan.

Langkah selanjutnya, tepat di bawah menu setting, Anda akan melihat pilihan “Reset Advertising Identifier”. Klik pada opsi tersebut, maka data pengiklan akan tereset alias nol. Dengan begitu, semua data pribadi yang telah disadap akan hilang di server Apple.

Dengan kata lain, Anda akan muncul sebagai pengguna baru di server pelacak. Hal ini dapat membuat lebih sulit (tapi tidak mustahil) bagi pengiklan untuk mendapatkan data pribadi Anda.

Sementara bagi Anda pengguna Android, langkah yang bisa dilakukan dengan mematikan sistem “Google AdID”. Tapi jangan melakukannya dengan masuk melalui Android Phone Setting. Masuklah ke aplikasi Google Setting, dengan mencari aplikasi ini terlebih dahulu di daftar aplikasi ponsel Anda.

Setelah ketemu, klik Ads link lalu tap “Opt out interest-based ads”. Anda juga bisa melihat ID advertsiing Anda dan tap “Reset Advertising ID” untuk membuat yang baru. Ini akan membuat Anda seperti ‘orang baru’ bagi pengiklan.

Berikutnya bagi pengguna Windows Phone. Untuk mematikan Personalized ads di Windows Phone, masuklah ke halaman ‘ad opt-out’ Microsoft, dan di bawahnya Anda akan menemukan pilihan ‘Personalize ads’ setiap kali menggunakan akun Microsoft, kemudian klik “Off”

Anda perlu masuk dengan account Windows untuk melakukan ini. Pastikan Anda masuk dengan akun yang sama yang Anda gunakan pada Windows Phone. Hal ini juga mematikan iklan pribadi untuk Internet Explorer di Windows 8.[AI/HBS]

SourceFoxnews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI