5 Tahun Ke Depan, Mesin Pembelajar Kian Dorong Inovasi

Learning MachineJAKARTA – Mesin pembelajar atau machine learning (ML) sepertinya siap memasuki era keemasan. Dan sebentar lagi, era fiksi sains akan segera bangkit. ML ini misalnya, sistem rekomendasi yang ada di Netflix dan Amazon. Atau pendeteksi wajah di Facebook, filter email spam di Google dan Microsoft, atau sistem pendeteksi suara seperti Siri.

Seperti dikutip dari Venture Beat, Minggu (01/03/2015), ada beberapa segmen yang akan berkembang dengan ML ini dalam lima tahun ke depan, atau di 2020. Diprediski dalam lima tahun mendatang, apa yang kita lihat dalam teknologi ML terkini, tidak ada apa-apanya dibanding ML di lima tahun mendatang.

Pertama, segmen pendeteksi gambar. Yakni teknologi berbasis gambar untuk video. Kedua, untuk sektor kesehatan, dimana kemampuan ML untuk menganalisa data yang begitu banyak untuk memberikan fisikawan opini kedua dan mendorong deteksi dan perawatan medis yang baik.

Ketiga, perjalanan dan komunikasi. Dimana di 2020 diprediksi translasi real time akan mudah diakses. Keempat, iklan. Dimana augmented reality akan menjadi wahana iklan baru. Komputer visi dari forma teknologi Mirriad sudah mengangkat hal ini dan bahkan memenangkan Oscar. [AI/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI