Google Gaet LG dan Huawei Demi Nexus Baru?

Nexus GoogleJAKARTA – Jika berbicara mengenai kemunculan generasi terbaru ponsel dan tablet Nexus, tentu berujung pada mitra manufaktur yang akan digandeng Google. Sudah menjadi rahasia umum jika Google selalu memilih vendor kenamaan untuk mengembangkan handset andalannya. Pun demikian kali ini.

Baru-baru ini, mencuat kabar yang menyebut bahwa tahun ini vendor asal Tiongkok akan dipilih untuk mengembangkan Nexus generasi teranyar. Tiga nama besar yakni Lenovo, Xiaomi dan Huawei pun muncul ke permukaan sebagai calon pembesut Nexus.

Rumor lain bahkan meyakini pengalaman Huawei dalam merilis ponsel akan menjadi pertimbangan Google. Selain menggandeng Huawei, nama LG kembali muncul untuk mengembangkan ponsel.

Melansir laman GizmoChina,  Sabtu (28/2/2015), diprediksi juga Nexus terbaru tidak menggunakan chipset besutan Qualcomm, melainkan chipset Hisilcon Kirin besutan Huawei. Selain itu, ada juga nama Nuclun, yang merupakan prosesor milik LG, yang digadang-gadang menawarkan performa tak kalah dengan chipset Qualcomm.

Kabar ini menandakan penggila gadget dunia akan kedatangan dua varian Nexus dengan segmentasi dan harga yang berbeda. Huawei diprediksi akan menyasar segmen entry level, sementara LG lebih mengarah perangkat dengan harga tinggi.

Sekedar mengingatkan, tahun lalu Google juga menggandeng Motorola dan HTC yang masing-asing dipercaya mengembangkan Nexus 6 dan tablet Nexus 9. Berbeda dengan tradisi sebelimnya, Google hanya mempercayakan proyek Nexusnya pada satu mitra OEM saja.

Nama besar Asus, LG, Samsung, dan HTC merupakan produsen ponsel dunia yang sempat dipercayakan oleh perusahaan yang berbasis di Sillicon Valley tersebut. Benarkah tahun kambing kayu akan menjadi milik perusahaan asal Tiongkok sebagai pengembang Nexus berikutnya? [EA/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI